Babinsa Koramil 03/Sungai Sarik Kodim 0308/Pariaman Sertu Jimmy Albert melaksanakan pendampingan kepada Poktan yang sedang melaksanakan pengecekan saluran irigasi di nagari Tandikek Barat. Rabu (20/09/2023).

Pengecekan irigasi dalam rangka memperlancar pengairan pertanian terus digencarkan oleh Babinsa dan petani. Hampir di seluruh wilayah pembangunan ataupun perbaikan saluran irigasi sedang dilaksanakan.

Pengecekan saluran irigasi tersebut memang sangat diperlukan. Karena irigasi merupakan faktor yang sangat penting dalam menentukan hasil panen. Disadari atau tidak bahwa saat sekarang hampir semua saluran irigasi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Sehingga pasokan air ke areal persawahan semakin berkurang. Hal itulah yang menjadi salah satu penyebab turunnya hasil panen.

Dengan adanya kerja sama antara Kementrian Pertanian dengan TNI Angkatan Darat, maka Babinsa sebagai ujung tombak satuan diwilayah wajib melaksanakan pendampingan kepada seluruh komponen yang terlibat dalam kegiatan Upaya Khusus Peningkatan Produksi Pangan dalam rangka mencapai swasembada pangan nasional.

Maka tidaklah berlebihan apabila sering kali seorang Babinsa melaksanakan pengecekan / peninjauan terhadap kegiatan pertanian. Babinsa ikut terjun ke sawah bersama PPL mendampingi petani untuk menggarap sawahnya, ujar Babinsa.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top