Lampung- Pada hari Minggu tanggal 24 September 2023, Pukul 09.00 WIB didapat informasi mengenai Laka Laut terbakarnya  kapal MV. Samudera Sakti III. lokasi Kordinat -5°31'27" S, 105°18'17" T. Kejadian dekat Pulau Tangkil posisi di area labuh tarahan. Kebakaran terjadi di kamar mesin. MV. Samudera Sakti III yang rencananya akan sandar di Pelabuhan PT. BUKIT ASAM guna muat Batubara sekira pukul 09.00 wib mengalami kebakaran di bagian buritan kapal yg di akibatkan meledak nya generator mesin induk kapal.

KM. Samudra Sakti III berbendera Indonesia dengan Nahkoda Jotjisengke. Dengan ABK sebanyak 24 Orang. Saat kejadian diketahui kapal muatan kosong.

TNI AL melalui Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung yang menerima informasi ini, meneruskan berita ke unsur yang sedang berada di wilayah kerja Lanal Lampung. KRI Cucut-866 yang sedang melaksanakan operasi Badik Segara-23 berada di Perairan Teluk Lampung ikut serta melaksanakan pengawasan, pengamanan dan evakuasi. Selain itu juga Komandan Lanal Lampung, Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin, S.E., M.H., CHRMP memerintahkan Sea Rider untuk ikut Waspam Kebakaran Kapal. Berapa instansi terkait lainnya juga mengerahkan unsur apungnya, diantaranya : TB Pulau Sebesi 2-216, TB ASD Reliance, TB Alpine Marine 20, TB Arya Citra VII dan Sea Rider Basarnas melaksanakan aksi penanggulangan dan evakuasi korban.

Kerugian personel 1 orang mengalami luka bakar ringan, dan kerugian materiil berupa dinding terbakar dan ruang mesin terbakar.
Selain Abk, terdapat 2 orang mekanik (vendor) dan 5 orang siswa pelajar dari akademi pelayaran AMI Medan yang sedang praktek kerja. Sampai saat ini titik api yg berada di kamar mesin masih belum bisa dipadamkan di karenakan proses pemadaman baru bisa di lakukan dari sisi luar kapal. Tim pemadam masih sulit mencapai titik api di kapal MV Samudera Sakti III.

Pen Lanal Lampung

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top