Patamuan – Babinsa Koramil 0308-03/SS. Sertu Iral Nurja Hadir Acara rapat Rundiang Musyawarah.
- Didampingi  pak wali korong Usnul fadilah dan tokoh pemuda,serta Ninik mamak yg tuo,tokoh Masyarakat, Duduak basamo dengan ketua Muncak Wilayah Nagari perburuan hama babi Yang dilaksanakan di korong tabun pondok duo selatan, Nagari Tandikek selatan, Kecamatan patamuan, Kabupaten pdg pariaman. Kamis (09/11/2023).

Tujuan dari kegiatan berburu babi ini dalam rangka pemberantasan hama babi hutan dan membantu masyarakat untuk mencegah kerusakan tanaman pertanian Masyarakat.

Sertu Iral Nurja selaku Babinsa Nagari tandikek selatan "mengatakan  kegiatan berburu hama babi hutan ini dipimpin oleh Seluruh Udangan ketua Muncak masing " Wilayah Nagari kecamatan dengan menggunakan anjing dan senjata blansa serta tombak yg ad.

Kegiatan berburu babi hutan ini disamping Warga Nagari tandikek selatan patamuan, juga datang warga dari Kec.VII koto Sungai sariak, Kec, XI Enam lingkung  dan Kec, Padang Sago,dll. Penyampaian Muncak, Warga yang Akan datang  melakukan perburuan Bisa  diperkirakan sekitar  +-300 Orangn di dampingi Bagian masing" ketua muncak bagian daerah kecmatan.

“Hewan Babi hutan yang cukup cepat berkembang biak ini, sangat meresahkan masyarakat, khususnya para petani di Nagari Tandikek selatan, Kec. Patamuan, karena akibat ulah babi hutan tanaman masyarakat hancur dan rusak sehingga tidak bisa lagi dipanen,” ungkap Babinsa.

Babinsa juga menambahkan bahwa kegiatan berburu ini selain dapat menjaga kekompakan antar sesama masyarakat juga termasuk olah raga tradisional serta dapat mengurangi perkembangbiakan babi hutan yang merupakan hama tanaman, tutur Babinsa.
Tutup".

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top