Peringati hari pahlawan, Anggota DPR RI asal Sumatera Barat, Athari Gauthi Ardi nilai petani adalah pahlawan sepanjang masa. Pasalnya, menurut legislator muda itu pertanian memiliki peranan penting dalam struktur ekonomi Indonesia karena sektor itu berkaitan dengan kebutuhan dasar manusia, konsumsi rumah tangga, sehingga masih terus dibutuhkan dan berproduksi kapan pun.

"Hari ini menjadi momentum bagi kita untuk mengingat bagaimana perjuangan para pahlawan kita terdahulu. Begitupun kita harus ingat pahlawan kita yang terus berjuang sampai hari ini yaitu para petani. Para petani kita berperan penting dalam memenuhi kebutuhan dasar kita sebagai anak bangsa," Kata Athari kepada awak media, (10/11/23).

Lebih lanjut Athari menjelaskan, Petani mampu membawa Indonesia melewati beberapa kali krisis, terutama diakhir orde baru.

"Sejarah mencatat, krisis besar dan resesi berat yang kita hadapi selalu bisa dilewati dengan sektor pertanian sebagai bantalannya. Sebut saja krisis 1998, 2008 hingga beberapa tahun terakhir," pungkasnya.

Meski begitu, Athari juga menilai petani sampai saat ini selalu berada pada posisi yang kurang menguntungkan. Menurutnya perlu ada keberpihakan secara maksimal untuk kesejahteraan petani.

"Jadi, kita perlu bicara serius dan bertindak secara pasti untuk memastikan kebijakan terhadap kesejahteraan petani. Saya sudah komitmen dari awal, sampai saat ini program untuk meningkatkan produksi dan distribusi hasil tani, seperti irigasi dan jalan pertanian terus dilaksanakan. Mudah-mudahan pemerintah semakin serius dalam menghadirkan kesejahteraan bagi petani kita, karena mereka pahlawan sepanjang masa," tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top