Payakumbuh, SUMATERALINE — Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh meraih penghargaan dari Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut didapatkan karena Pemko Payakumbuh memberikan perhatian kepada guru agama.


Adapun penyerahan penghargaan disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag M. Ali Ramdani di Harris Hotel & Residences Sunset Road, Denpasar, Bali, Sabtu (2/12/2023). Sedangkan dari Pemko Payakumbuh diwakili Kepala Dinas Pendidikan (KaDisdik) Kota Payakumbuh Dasril.


Apresiasi berupa penghargaan dari Kemenag tersebut diberikan atas partisipasi dan kontribusi Pemko Payakumbuh dalam program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Pendidikan Agama Islam (PAI).


Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman mengaku bersyukur mendapat penghargaan dari Kemenag. Menurutnya, itu merupakan bentuk apresiasi sekali pengakuan bahwa program yang digulirkannya bermanfaat buat masyarakat Kota Payakumbuh, khususnya guru-guru PAI.


"Terima kasih bapak Dasril dan rekan-rekan Dinas Pendidikan yang sudah bekerja sama-sama untuk kemaslahatan masyarakat. Semoga apa yang kita lakukan terus membawa manfaat buat masyarakat Kota Payakumbuh," kata Jasman dalam keterangan tertulis, Minggu (3/12/2023).


Lebih lanjut, Jasman berharap dengan semakin banyak guru PAI di Kota Payakumbuh yang bisa mendapatkan pendidikan PPG sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi.


"Kalau sudah sertifikasi tentu kesejahteraan guru meningkat karena kalau tidak mengikuti PPG tidak bisa mendapatkan sertifikasi. Inshaa Alloh mohon doanya, mudah-mudahan Allah ridho tahun 2024 kita alokasikan lagi agar semakin banyak guru PAI yang ikut PPG," katanya.


Sementara itu, Kadisdik Dasril saat dihubungi media mengatakan jika pada tahun anggaran 2022 pihaknya telah membantu membiayai pendidikan profesi guru atau PPG bagi guru PAI di lingkup Pemko Payakumbuh.


"Sebenarnya ini kan tanggung jawab Kemenag, tetapi kalau nunggu anggaran dari Kemenag itu lama karena mereka lembaga vertikal yang anggarannya terpusat. Makanya kami bantu melalui biaya belanja jasa," ujar Dasril.


Dasril mengatakan PPG merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan tunjangan sertifikasi guru sehingga diharapkan guru PAI di Kota Payakumbuh yang sudah difasilitasi mengikuti PPG bisa melanjutkan ke tahap berikutnya, yakni proses sertifikasi.


Sebagai informasi tambahan, selain Kota Payakumbuh, Kemenag juga memberikan penghargaan kepada enam kepala daerah lainnya di Sumatra Barat, yakni Walikota Padang Panjang, Bupati Agam, Bupati Pasaman, Bupati Solok Selatan, Bupati Pasaman Barat, dan Buapgi Dharmasraya. (Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top