Tanah Datar-sumateraline. Com (09 Desember 2023) 

Kami tidak menyangka bahwa acara ini unik jarang kami temui seperti ini saya sangat terharu sekali, memang tadi malam Bupati menyarankan kepada saya agar saya datang ke Nagari Kumango, "Bundo besok harus datang ke Nagari Kumango",kata Bupati Eka putra, saya tidak tau ada apa di Nagari Kumango. 
Merasa penasaran kami tambah nginap satu malam lagi  di Tanah Datar, terus terang saya merasa terharu, tadinya kami tidak menyangka bahwa acara unik sebagus ini kami dapatkan disini.  Alhamdulillah lebih dari yang kami harapkan dapat disini, terimakasih Bupati dan Wali Nagari Kumango, jadi apa yang disajikan Wali Nagari Kumango tadi sangat bagus sekali. 

"Seperti dikatakan Wali Nagari, kembali kemasa lalu waktu kita masih kecil nanti akan kita sampaikan kepada teman-teman, akan kami menyampaikan juga kepada teman yang ada diluar Negeri," Kata Bundo Ratna perwakilan luar Negeri. 

Sebenarnya tadi kami datang bersama rombongan ada dua Bis besar karena tidak bisa masuk jalan kecil terpaksa Bis dan rombongan balik ke Hotel. Tapi ini dibilang berkahnya bagi Nagari Kumango Bapak Wali Nagari bisa menyampaikan ke Bupati melalui Sekda supaya jalan bisa di pelebar. 

"Perlu kita acungkan Jempul dan Apresiasi Nagari Kumango dan kekompakan Forkopimda Tanah Datar, saya lebih nyaman di Tanah Datar dari pada di Kampung saya sendiri,"tambah Bundo Ratna. 

Sementara itu di sambutan
Bupati Tanah Datar diwakili Sekda Iqbal Ramadi Payana menyampaikan, maaf dari Bupati  tidak bisa hadir karena ada kegiatan yang tidak bisa beliau tinggalkan. 

Selamat datang kepada Bundo Kanduang dari Australia, 
Inggris, Kanada, Belanda dan Amerika Serikat, kami menyampaikan maaf dari Bapak Bupati Eka Putra tidak bisa hadir, awalnya beliau akan hadir lansung di Nagari Kumango.

Ini adalah inisiatif beliau untuk mengundang Bundo Kanduang luar Negeri untuk bisa hadir di Nagari Kumango untuk bisa melihat kondisi dimana sebelumnya disini sudah berlansung rangkaian acara  Satu Nagari Satu Event dengan judul kegiatan "Baluluak Bajarami" Yang dilaksanakan di kenagarian Kumango ini. 

"Seperti yang disampaikan  kegiatan ini adalah rangkaian Satu Nagari Satu Event, tahun ini telah melaksankan di 22 Nagari dari 75 Nagari tahun ini di alokasikan untuk 25 Nagari, dimana nanti akan diberikan dana Support untuk membangkitkan potensi yang ada di Nagari, "sampainya. 

"Tapi sangat disayang Bundo Kanduang luar tidak bisa hadir semuanya pada kesempatan ini, kami berharap kepada Bundo kedepannya bisa lebih banyak lagi datang, apa yang disampaikan Wali Nagari tadi masalah jalan akan saya lapor kan ke Bapak Bupati kita berdo'a mudah-madahan bisa terealisasi, "ujar Sekda Iqbal Ramadi Payana. 

Sebelumnya Lis Zamora Wali Nagari Kumango menyampaikan, terimakasih dan selamat datang kepada Bundo Kanduang datang dari mancanegara, kabarnya tadi ada dua Bis rombongan yang datang, tapi tidak bisa masuk ke Kampung kita karena jalan kecil. 

Melalui kegiatan ini kami sampaikan juga kepada Bapak Bupati Tanah Datar melalu Bapak Sekda kalau dapat jalan kami di pelebar supaya masuk Bis ke Nagari Kumango, tadi kami sangat berharap ada dua Bis masuk kesini untuk menyaksikan penampilan anak Nagari Kami. 

"Silat Kumango Baluluak Bajarami, permainan anak masa dulu, pakaian tradisional dan kuliner khas Nagari Kumango, seperti yang kita lihat di  belakang," kata Wali Nagari. 

Turut hadir selain Bundo Kanduang, Sekda Iqbal Ramadi Payana, Sekretaris Parpora Afrizal/Ayah Forkopinca Camat Sungai Tarab A.H. Miza Aziz, 
Kapolsek diwakili, Dandramil atau yang mewakili, Wali Nagari  Lis Zamora, BPRN, KAN dan undangan Lainnya (007-n) 










0 komentar:

Posting Komentar

 
Top