Tanah Datar-sumateraline. Com (07 Desember 2023) 

Festival Pesona Minangkabau adalah sebuah pesta perhelatan yang berisikan seni budaya dan kearifan lokal Minangkabau. Melalui Event ini ditampilkan kekayaan seni budaya Minangkabau yang telah dikenal ke seantero Nusantara, dan bahkan ke Dunia Internasional. 
Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM pada pembukaan Festival Pesona Minangkabau di Istano Basa Pagaruyung Batusangkar Kabupaten Tanah Datar Kamis (07/12). 

Eka Putra katakan, di Festival ini banyak kegiatan yang perlu ditampilkan agar nilai-nila tradisi Minangkabau lebih tersebar luas. Kabupaten Tanah Datar sebagai wilayah tertua dan sebagai tempat asal usul Etnis Minangkabau ikut bertanggung jawab untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak pupus tergerus Zaman. 

Kita berharap agar dari Bumi Ranah Minang ini akan muncul api semangat untuk meningkatkan dan mengembangkan senin budaya Minangkabau. Semoga kegiatan ini akan jadi pemicu dan pendorong bagi kita semua untuk memajukan seni tradisional yang seakan-akan terlupakan. 

Sebagai Event Tahunan, Festival Pesona Minangkabau selalu ada Inovasi peningkatan pelaksanaannya, untuk Tahun 2023 ini di antaranya yaitu :
1. Puncak dari pelaksanaan Satu Nagari Satu Event, yang terbaik dari Nagari pelaksana Satu Nagari Satu Event kembali ditampilkan pada Festival Pesona Minangkabau. 

Ada Pagelaran 10 Nagari terbaik, yang kembali kita tampilkan pada Festival Pesona Minangkabau. 
2. Minangkabau Diaspora Network dan Bundo Kanduang se Dunia juga mengadakan Event selama pelaksanaan Pesona Minangkabau, yang dihadiri lebih kurang 200 Diaspora dari beberapa Negara. 

3. Dalam rangka melestarikan budaya bela diri serta sarana silaturahmi Pesila Se-kabaupaten Tanah Datar, juga dilaksanakan Gelanggang Siliah baganti. 
4. Sebagai perwujudan Adat Basandi Syra', Syara' Basandi Kitabullah juga digelar Event Lomba Qasidah Rebana se Kabupaten Tanah Datar. 
5. Di samping Minangkabau Diaspora Network dan Bundo Kanduang se Dunia, juga ada saudara kita dari Thailand dan Malaysia yang hadir memeriahkan acara ini. 

Tahun ini, Festival Pesona Minangkabau diadakan di dua lokasi yaitu Istano Basa Pagaruyung dan Lapangan Cindua Mato Batusangkar. 
Sementara itu Bundo Kanduang akan melaksanakan acara di Gedung Nasional Suri Maharajodirajo Batusangkar. 

"Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Minangkabau Diaspora Network dan Bundo Kanduang se Dunia yang telah mengadakan rangkaian kegiatan di Kabupaten Tanah Datar, " Ucap Bupati Eka. 

Selamat melakukan seminar dan pengukuhan Bundo Kanduang. Semoga Diaspora dan Bundo Kanduang Dunia semakin eksis dalam pelestarian dan mempromosikan budaya Minangkabau pungkasnya.(007-n) 

      
 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top