Payakumbuh, SUMATERALINE — Upacara Hari Bela Negara ke-75 yang digelar di Halaman Kantor Balai Kota Payakumbuh pada Selasa (19/12/2023) berlangsung khidmat.

Upacara tersebut dihadiri oleh Pj Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekda Kota Payakumbuh Rida Ananda dan unsur Forkopimda Kota Payakumbuh. Upacara diikuti oleh sejumlah personil TNI-Polri, ASN, perwakilan pelajar, mahasiswa, ormas Kota Payakumbuh serta instansi terkait lainnya.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Kapolres Payakumbuh AKBP Sri Wahyuni, S.I.K. M.H dan Komandan Upacara Letda CKM Dedy Harianda Damanik.

"Pada tanggal 19 Desember 2023 ini, kita dapat memperingati Hari Bela Negara Ke-75. Hari Bela Negara ini merupakan momentum bagi kita untuk bersatu dan berkontribusi positif demi Indonesia maju yang kita cita- citakan," ucap AKBP Sri Wahyuni mengutip amanat Presiden RI Joko Widodo.

Ditambahkan Yuni, tantangan ke depan semakin tidak terduga. Kita bukan hanya menghadapi ancaman fisik, tetapi juga ancaman yang tak kasat mata. Pandemi, konflik global, revolusi teknologi, hingga krisis iklim telah membawa dampak dan risiko ketahanan negara.


"Kita harus memiliki jiwa Bela Negara sebagai pilar utama yang menjadikan kita tangguh dan cerdas dalam menghadapi situasi yang tidak menentu," ujarnya.

Kemudian, semangat bela negara bukan hanya tanggung jawab aparat pertahanan, tetapi juga membutuhkan partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat, ini adalah tugas bersama dalam menjaga kesatuan dan persatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

"Bela Negara di Indonesia bukan hanya terkait pada aspek militer tetapi harus lebih luas lagi, merangkul semua lapisan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari," sambungnya.


Selanjutnya, Yuni menegaskan bahwa setiap tindakan, sekecil apapun, yang dilandasi cinta kepada bangsa dan negara, cinta kepada Pancasila dan NKRI adalah wujud konkrit Bela Negara.

"Saya mengajak masyarakat Indonesia untuk mengobarkan semangat Bela Negara dan meningkatkan rasa cinta tanah air. Semangat Hari Bela Negara Ke-75, kobarkan Bela Negara untuk Indonesia Maju," tutupnya. 

Lebih lanjut, Pj Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Rida Ananda mengatakan upaya membela negara adalah upaya bersama mesti dilakukan oleh seluruh komponen masyarakat dalam menghadapi situasi yang semakin kompleks. 

"Seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran, dan kemampuan bela negara," sebutnya.

Ditambahkan Rida, Pemko Payakumbuh akan terus menggencarkan upaya peningkatan sumber daya manusia yang unggul, inovatif, produktif, dan berdaya saing serta memiliki kesadaran bela negara.


"Nilai dasar bela negara antara lain adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal bela negara," bebernya.

Dikatakan Rida, nilai inilah yang harus terus diimplementasikan dalam program pembinaan kesadaran bela negara, baik itu di lingkungan pekerjaan, pendidikan, maupun masyarakat Payakumbuh pada umumnya. (Humas)


#liputankhususDiskominfoPayakumbuh

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top