Babinsa Koramil 04/Scc Kodim 0308/Pariaman,Serda Doni Marjusa melaksanakan Komsos dengan warga pembuat batu bata di Korong Labuah Nagari Toboh ketek, Kec Enam lingkung kabupaten Padang Pariaman, Rabu (24/01/24).

Nagari Toboh ketek merupakan Desa binaan Serda Doni Marjusa, pada umumnya masyarakat mayoritas bekerja sebagai Petani dan usaha percetakan batu bata yang diperuntukkan kepada para masyarakat untuk membangun rumah-rumah mereka.

Batu bata merupakan salah satu bahan material sebagai bahan pembuat dinding rumah, selain itu bisa digunakan untuk berbagai jenis bangunan yang lain.

Dalam proses pembuatan batu bata dibutuhkan keterampilan dan ketelatenan untuk menyelesaikannya. Karena dalam proses ini dibutuhkan teknik-teknik tertentu. Terdapat berbagai macam cara untuk membuat batu bata.

Dalam pembuatan batu bata tersebut yang perlu dipersiapkan adalah tanah liat yang bagus, alat cetak berupa kotak kecil dan tali serta papan kecil. 
Setelah semua alat tersebut disediakan, batu bata ini lalu di cetak lalu dibakar sampai berwarna kemerah merahan ungkap Ibu Ita seorang pengerajin batu bata merah ungkap Buk Murniati seorang pemilik usaha pengerajin batu bata merah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top