Padang - Komandan Pangkalan Utama TNI AL Danlantamal II Laksamana Pertama TNI Syufenri.S.Sos.,M.Si melakukan kunjungan kerja Kunker ke beberapa Pos TNI AL Posal di jajaran Lantamal II. Danlantamal di dampingi beberapa orang Pejabat Utama PJU dan Kepala Satuan Kerja Kasatker,  Senin, (22/1/2024).

Kunker Danlantamal selama dua hari ini, Sabtu 20 s/d  Minggu 21 Januari. Di awali dari Posal Air Bangis merupakan giliran yang di kunjungi pertama oleh Danlantamal. Air Bangis merupakan Posal yang berada di Kabupaten Pasaman Barat. Beberapa arahan di sampaikan kepada prajurit pengawak Posal Air Bangis oleh Danlantamal. Danlantamal menyampaikan kita harus peduli terhadap masyarakat sekitar, masyarakat sekitar harus dapat merasakan manfaat dan keberadaan kita di tengah tengah mereka. Hal ini merupakan rasa kepedulian seorang bapak kepada anaknya serta memberikan pemahaman tugas fungsi prajurit pengawak Posal. Kebersihan lingkungan juga bagian yang utama menjadi penekanan yang di sampaikan Danlantamal. 

Selanjutnya Danlantamal beserta rombongan menuju Posal Tiku yang berada di Kabupaten Agam. Beberapa potensi Posal Tiku juga menjadi perhatian yang di sampaikan Danlantamal di sela sela kunjungannya kepada seluruh prajurit.

Kunjungan terakhir ke Posal Pariaman, yang berlokasi di pantai Pauh Barat kota Pariaman. Di Posal Pariaman Danlantamal juga memberikan beberapa penekanan kepada prajurit pengawak Posal. Kota Pariaman merupakan memiliki sejarah tersendiri bagi TNI Angkatan Laut. Kota Pariaman merupakan markas TNI Angkatan Laut terbesar di pinggir pantai Barat Pulau Sumatera pada masa agresi Belanda, terbukti banyak prajurit TNI Angkatan Laut gugur dalam mempertahankan Negara Republik Indonesia tahun 1949. 

Dalam kunjungan ke kota Pariaman, Danlantamal melihat langsung bukti sejarah di Taman Makan Pahlawan TMP yang berada di kelurahan Rawang Kota Pariaman. Puluhan prajurit Laut gugur pada saat agresi Belanda di Pariaman, menghuni TMP Rawang kota Pariaman. Selanjutnya Danlantamal mengunjungi monumen TNI Angkatan Laut yang berada di ujung Muara kota Pariaman dan melihat dari jauh keberadaan bekas kapal perang KRI Teluk Bone 542 yang di serahkan Kemenhan untuk Pemerintah kota Pariaman di legokan  di pinggir pantai Pauh kota Pariaman.

Dispen Lantamal II.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top