Sungai Sariak– Serda Rubel Antonius DM Babinsa Lareh Nan Panjang Sungai Sariak Koramil 03/Sungai Sariak melaksanakan pemantauan di Wilayah binaannya di Nagari lareh nan panjang sungai sariak, Adapun dampak angin kencang telah terjadi pohon tumbang di Nagari lareh Nan Panjang Sungai Sariak, Kecamatan VII koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman, Selasa (16/01/2024).

Di Nagari lareh nan panjang sungai sariak tumbangnya pohon mengakibatkan tidak bisanya masyarakat melewati jalan lingkar Nagari Jalan lingkar di Nagari lareh nan panjang sungai sariak.

Dalam keterangannya di lapangan, Babinsa Koramil 03/Sungai Sariak Serda Rubel Antonius DM mengajak masyarakat untuk bergotong royong bersama-sama untuk membersihkan pohon dari badan jalan agar bisa di lalui oleh kendaraan lagi, Kegiatan gotong royong tersebut merupakan wujud kepedulian sosial, sebagai upaya membantu mengatasi kesulitan warga, terutama warga yang sedang mengalami musibah bencana alam.

“Kami selalu memantau dan monitoring wilayah binaan setiap saat, sehingga apabila terjadi bencana alam, kami cepat untuk melakukan penanganan.
Mengingat wilayah rawan terjadi bencana alam, Babinsa juga menghimbau kepada warga agar selalu meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan sebagai langkah antisipasi bencana alam. Utamakan keselamatan perorangan dan keluarga saat terjadi bencana alam, salah satunya dengan memastikan jalur evakuasi aman, guna menghindari korban jiwa”, tutur Babinsa.

Dengan adanya bencana tanah longsor tersebut Danramil 04/Muaro Kalaban Letda Arm Indespa memerintahkan Babinsanya untuk datang dan membantu membersihkan material longsor, Tidak lupa saat kegiatan tersebut harus memperhatikan faktor keamanan mengingat saat ini hujan sewaktu – waktu bisa turun yang bisa menyebabkan longsor susulan.

“Saat ini hujan masih sering turun dengan intensitas yang cukup tinggi dan lama. Untuk itu perlu melakukan pemantauan terhadap lingkungan disekitar kita. Sekiranya ada tanda-tanda longsor seperti pohon atau tiang miring, suara gemuruh maka segera laporkan kepada aparat terkait guna diambil langkah - langkah penyelamatan untuk mengurangi korban.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top