Tanah Datar-sumateraline. Com (12 Februari 2024) 

Musrenbang Nagari adalah Musyawarah Perencanaan Penganggaran Nagari yang bertujuan untuk membahas dan menyepakati RPJM Nagari, membahas dan menyetujui RKP Nagari dan hal-hal yang bersifat strategis.

"Yang bersifat strategis telah disepakati yang merupakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nagari (RPJMN) , yang telah menjadi dokumen sebagai rujukan dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan Nagari untuk Jangka Waktu Enam Tahun ke depan, " Ujarnya. 

Hal itu disampaikan oleh Wali Nagari Baringin Rahmat Aliyah Dt. Peto Kayo pada pembukan acara Musrenbang di Aula Kantor Wali Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Senin (12/02) 

Rahmat Aliyah mengatakan, pembangunan nagari tidak akan tercapai tanpa bantuan pemikiran, saran, ide dan gagasan dari kita semua. Untuk itu kami mengajak kita Bersama, mari kita laksanakan kegiatan Musrenbang ini sebaik mungkin demi kemajuan nagari yang kita cintai.

Lebih lanjut Wali Nagari Rahmat menjelaskan, seperti yang kita ketahui bersama, RPJM Nagari adalah Dokumen Perencanaan untuk Periode 6 Tahun ke depan dan merupakan penjabaran dari Visi dan Misi Nagari yang membuat arah kebijakan Pembangunan Nagari, arah kebijakan Keuangan Nagari, Kebijakan Umum, Program dan Kegiatan Nagari.

Ia berharap, Nagari Baringin sebagai Ibukota Kabupaten Tanah Datar sangat berharap kepada Pemerintahan Kabupaten Tanah Datar dibawah kepemimpinan Bupati Eka Putra, SE.MM mendukung penuh program-program Nagari Baringin demi terwujudnya Nagari yang Religius, Berpendidikan, Berbudaya dan Mengoptimalkan Potensi Nagari Baringin yang Religius. 

Sementara itu Sekcam Lima Kaum Sri Handayani dalam kesempatan ini mengatakan, tahapan RPJM  telah dimulai dari  musyawarah jorong, dengan melaksanakan penggalian gagasan, pada Musnag, juga ada loka karya dan pada hari ini dilanjutkan dengan Musrenbang untuk penetapan nanti  RPJM Nagari Baringin tahun 2023-2029. 

Sekcam Sri Handayani juga mengingatkan peserta Musrenbang Nagari Baringin yang sudah mempunyai hak pilih untuk sama-sama datang ke Tempat Pemungutan Suara atau TPS untuk berpartisipasi aktif dala Pemilu 2024 tanggal 14 Februari 2024 yang tinggal dua hari lagi.

Musrenbang ini juga dihadiri Perwakilan OPD, Forkopinca, Ketua BPRN Yohannes, Wali Jorong dan tokoh masyarakat lainnya ini dilanjutkan dengan penyerahan dokemen Musrenbang dari Wali Nagari Baringin Rahmat Aliyah Andri Dt.Peto Kayo kepada ketua BPRN Yohhanes.(*/07-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top