Padang - Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar Buka Bersama dan talkshow di Gedung DPD KNPI Sumbar, Kota Padang, Minggu (24/3/2024).

Ada pun tema dalam talkshoh tersebut adalah “Peran Pemuda Dalam Pemilu dan Pilkada Serentak 2024” yang di narasumberi Fadly Amran, Wartawan Senior Hendra Makmur dan Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas Asrinaldy.

Dalam sambutannya  Muhammad Rinaldi selaku ketua panitia mengucapkan, kegiatan ini pertama bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi dengan seluruh unsur pemuda di Sumbar dan mengawal bersama untuk menyongsong Ketua MPI Fadly Amran untuk maju ke Pilkada Kota Padang untuk Kota Padang yang lebih baik.

“Terimakasih kepada para narasumber dan hadirin yang telah hadir, semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT,” ujarnya.

Sementara Ketua DPD KNPI Sumbar Nanda Satria mengatakan, pada dasarnya pemuda memiliki peran penting dalam pemilu 2024 baik pilpres maupun pileg. Hal tersebut dibuktikan banyak kader DPD KNPI Sumbar baik dalam struktur pengurus maupun senior yang mengambil bagian dan terpilih sebagai anggota legislatif.

“Ini membuktikan kader KNPI se-Sumbar ikut serta dalam politik. Mari bersama jadi pemuda yang berperan jangan jadi pemuda yang “baperan”. Kemudian bagi yang tidak terpilih jangan berkecil hati, sebab dimanapun pemuda itu bisa berbuat,” katanya.

Nanda mengajak, seluruh elemen pemuda Sumbar untuk bersatu membangun Sumber.” Agar cita-cita
untuk menuju Sumbar Emas 2035 dapat terwujud,” ujarnya.

Ketua MPI Sumbar Fadly Amran mengatakan, peran pemuda dalam pemilu tidak bisa dipinggirkan lagi, buktinya hari ini banyak anak muda yang mengisi kursi legislatif di Sumbar.

“Banyak kader-kader pemuda terutama kader KNPI yang mengisi kursi dewan. Sekarang yang menjadi pertanyaan besar perannya itu seperti apa, ini yang harus dijawab, apakah peran pemuda ini betul-betul menjadi pembeda, dalam arti memberi warna dalam pembangunan,” ujar mantan Wali Kota Padang Panjang tersebut.

“Hal tersebut merupakan bentuk kaderisasi di KNPI yang berhasil yang dititahkan oleh para senior,” sambungnya.

Fadly Amran diketahui juga merupakan tokoh pemuda yang pernah menjadi kepala daerah. Ia juga digadang-gadang menjadi bakal calon Wali Kota Padang, balihonya pun sudah tersebar dimana-mana.

“Iya, itu merupakan bagian dari peran pemuda, harus tampil dengan membawa gagasan. Terkait bagaimana amanah yang dititipkan masyarakat itu kita lihat nanti,” ujarnya.

Wartawan Senior Hendra Makmur mengatakan, peran pemuda dalam pemilu makin ke sini makin banyak pemuda yang ikut berperan. Namun sejak pemilu itu, ia belum melihat perubahan yang siginifikan dengan kepemimpinan pemuda tersebut.

“Dalam pikiran saya ketika pemuda yang memimpin tentu ada program yang progresif dan inovatif. Butuh pemuda yang pemberani jika memimpin dan hal baru, sehingga namanya dikenang selamanya,” ujarnya.

Guru Besar Universitas Andalas Asrinaldy mengatakan, evaluasi terhadap peran pemuda dalam beberapa pemilu. Ia meyakini peran pemuda di Sumbar tidak terbantahkan dalam pemilu tersebut.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top