Tanah Datar-sumateraline. Com (06 Maret 2024) 

Kabupaten Tanah Datar akan menjadi tuan rumah ajang berkelas dunia “Internasional Minangkabau Literacy Festival” (IMLF) 2 bersama Kota Padang dan Padang Panjang.

IMLF merupakan kegiatan memperkenalkan literasi Minangkabau yang digagas Perkumpulan Penulis Indonesia (Satu Pena) Sumatera Barat.

Ketua DPD Satu Pena Sumatera Barat Sasti Yunizarti Bakry memaparkan rencana Penyelenggaraan IMLF 2 dalam Rapat koordinasi dengan Tim Pemeritah Kabupaten Tanah Datar di Gedung Indojolito Rabu (7/2/2024).
 
Sastri didampingi Panitia Penyelenggara IMLF 2 lebih jauh memaparkan setelah Sukses Melaksanakan IMLF 1 Tahun 2023 di Padang, Padang Panjang dan Bukittinggi yang merupakan langkah besar sebagai upaya memperkenalkan literasi, menjali silaturrahmi antar bangsa dan negara.

“IMLF 1 diikuti delegasi 12 Negara yaitu Malaysia, Brunai, India, Pakistan, Argentina, Rusia, Spanyol, Audtralia, Belanda dan Tuan Rumah Indonesia, sukses memberikan kesan yang baik kepada peserta),” ungkapnya.

Lebih lanjut, Sastri mengatakan, tahun ini Satu Pena Sumatera Barat berkolaborasi dengan Yayasan Sumbar Talenta dan Persatuan Pemusi Nasional Malaysia, di dukung Pemprov. Sumbar, Pemko Padang Panjang dan Pemkab. Tanah Datar bermaksud Menyelenggarakan “International Minangkabau Literacy Festival 2 Edition”, dengan Tema “Cultural Literacy for Peace and Prosperity” pada Tanggal 8-13 Mei 2024 mendatang, mendapat atensi dari beberapa negara, 

“Sedikitnya sudah 18 Negara yang telah konfirmasi menyatakan kehadirian delelgasinya”. Tegasnya.
 
Asisten Pemerintahan dan Kesra Elizar, dalam sambutannya saat memimpin rapat mengatakan bahwa Pemerntah Kabupaten Tanah Datar memberikan apresiasi dan mendukung rencana IMLF 2 yang tentu akan meningkatkan lirasi budaya, sastra, Bahasa, pendidikan, pariwisata dan ekonomi kreatif serta saling berbagi pengalaman antar peserta tentang dunia literasi dunia internasional.
Elizar menjelaskan, para peserta selama berada di Tanah Datar dapat menikmati berbagai keindahan alam, budaya, objek wisata, mengenal lingkungan Minangkabau dan mengenal kehidupan masyarakat secara langsung.
 
Ketua Dekranasa Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, disela-sela rapat mengatakan IMLF ini salah satu iven strategis menumbuhkembangkan  interaksi budi pekerti dan peradaban untuk kedamaian dan kesejahteraan serta Ajang promosi dan memperkenalkan Tanah Datar lebih luas ke manca negara.
 
Hadir dalam pertemuan tersebut, Kepala Perangkat Daerah dan Kepala Bagian terkait (**) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top