Tanah Datar-sumateraline. Com (24 April 2024) 

Kami hari ini Baznas Tanah Datar bersama Bupati Eka Putra, SE. MM menyerahkan bantuan korban kebakaran kepada tiga orang kepala rumah tangga sebanyak Rp. 21.000.000,- untuk tiga KK masing-masing menerima Rp. 7.000.000,- dari Zakat ASN, masyarakat yang di kumpulkan melalui Baznas dikembalikan kepada masyarakat.

Hal itu dikatakan Ketua Baznas Yasmansyah bersama Staf saat mendampimgi Bupati Eka Putra, SE. M.M menyerahkan bantuan korban kebakaran di Jorong Parak Juar Nagari Baringin Kecamatan Lima Kaum, Rabu (24/04) yang terjadi beberapa hari yang lalu. 

Ketua Baznas Yasmansyah menyampaikan, Bupati kita angat peduli dengan Zakat, terbukti beberapa bulan yang lalu Bupati Eka Putra menerima Penghargaan Kategori Bupati Pendukung Pengelolaan Zakat Terbaik dalam Baznas Awards Tahun 2024 di Jakarta. 

"Untuk itu kita berdo'a kepada Allah SWT agar Bupati kita selalu diberi kesehatan, Baznas kalau tidak ada dukungan dari pemerintah Daerah tidak bisa berbuat banyak, karena dari perorangan diluar Pegawai itu masih 7% yang menyerahkan Zakatnya kepada Baznas, 'kata Ketua Baznas Yasmansyah. 

Kalau pribadi beliau sebagai Bupati sampai ke Pegawai yang paling kecil dibawahnya yang tidak punya Jabatan atau Staf, Zakatnya sudah terpotong ke Baznas, dari Zakat itulah kita 
bersama-sama dengan Bapak Bupati menyelamatkan, mengentaskan kemiskinan baik membantu orang yang sedang berobat ke Rumah Sakit Batusangkar. 

Serta bantuan anak-anak sekolah melalui sekolah dan sekarang kita sedang menjaring anak-anak Tanah Datar yang lulus undangan di berbagai Perguruan tinggi Negeri di Indonesia, bukan di Sumatera Barat, karena Bupati Ingin bahwa anak Tanah Datar tidak hanya kuliah di Sumatera Barat, ujar Yasmansyah. 

Yasmansyah tambahkan, 
bahkan selama Bapak Bupati Eka Putra menjabat sudah ada lebih kurang 50 orang anak Tanah Datar kita berangkatkan ke Timur Tengah, Madina, Kairo, Yaman, Turki, Sudan dan sebagai nya, tambahnya. 

Sementara itu Bupati Eka Putra katakan, alhamdulillah bantuan ini semua kita terbantu, saya dalam menjalankan amanah ini kalau ada musibah, baik kebakaran atau apupun itu selalu saya telpon Baznas untuk memverifikasi setelah itu baru kita antarkan bantuan. 

"Kehadiran kami disini selain untuk memnerikan sangat juga memberi tau bahwa kami itu peduli, Bapak Ibuk tidak sendiri setelah mendapat musibah lansung down tetapi bangkit lagi seperti semula, kalau yang berjualan bisa dipergunakan bantuan ini untuk modal usaha,"ucap Bupati Eka Putra. 

"Anak juga masuk Polisi saat itu semua datanya habis terbakar. Saya waktu itu lansung telpon Kapolres bagaimana caranya kita bisa membantu anak ini yang penting bisa ikut tes, mudah-mudahan kita do'akan anaknya lulus masuk Polisi, " Ujarnya. 

Sekarang Bapak Ibuk menerima bantuan dari Baznas, InsyaAllah kedepannya Bapak Ibuk kalau risky naik juga bisa berzakat ke Baznas, begitu juga kita semua tidak hanya pegawai, pengusaha yang ada di Tanah Datar kalau riskynya berlebih yang harus bayar zakat bayar ke Baznas, karena penyaluran juga ke masyarakat kita, begitu juga Wali Nagari mungkin bisa membikin UPZ dari gaji perangkat Nagari, Pak Jorong, sekarang ini kan dari Kabupaten besoknya mulai dari Nagari dulu baru Kabupaten, pungkas Bupati. 

Selepas itu, korban kebakaran Sri Novera, Asmarina dan Yosi Santia menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan. 

"Alhamdulillah, perhatian pak Bupati bersama dinas terkait dan Baznas telah membantu kami, tentunya bantuan akan sangat bermanfaat bagi kami, namun tentunya ke depan kami harap juga bantuan lainnya untuk kelanjutan sekolah anak kami, terutama seragam dan peralatan sekolah," Pungkasnya. 

Turut hadir pada Penyerahan Batuan, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah, Forkopinca Lima Kaum, Camat Lima Kaum Ikrarr Pahlevi, Kapolsek Lima Kaum, Dandramil, Wali Nagari Baringin, Rahmat Aliyah Andri A.Md, Dt.Peto Kayo, Kepala Jorong, Tiga orang Kepala Keluarga (KK) penerima Bantuan korban kebakaran. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top