Payakumbuh, SUMATERALINE — Setelah menyelesaikan seluruh tahap dalam penilaian oleh BKKBN Provinsi Sumatra Barat, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh akhirnya menjadi kota satu-satunya yang mewakili Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) ke tingkat Nasional di ajang iBangga (indeks pembangunan keluarga) Awards tahun 2024. 

Keberhasilan Pemko Payakumbuh itu disampaikan langsung kepala DP3AP2KB Kota Payakumbuh, Agustion kepada media via media WhatsApp, Kamis 18 April 2024 pagi.

Adapun pesan yang diterima Agustion dari tim penilai BKKBN Provinsi Sumbar, pada Kamis 18april 2024 pagi itu sebagai berikut ;

“Dari hasil verifikasi faktual penilaian iBangga Award Propinsi Sumatera Barat tahun 2024 ( penilaian dan pengukuran tingkat kualitas keluarga di kota/kab ), kota Payakumbuh berhasil menjadi  terbaik 1 tingkat Propinsi Sumbar, dan akan berkompetisi di tingkat Nasional. Ucapan terima kasih kepada Bapak Walikota, Bapak Sekda dan Bapak Asisten yg telah memberikan bimbingan, arahan dan support , serta terima kasih kepada bapak dan ibuk kepala OPD terkait dan tim di masing-masing OPD, TP PKK, Kemenag, Penyuluh KB dan semua yg telah ikut membantu. Semoga mendapatkan hasil yg terbaik di tingkat Nasional. Terima kasih.” 

Agustion mengatakan jika info yang diterima ini patut disyukuri, karna dalam penilaian iBangga Award Provinsi Sumbar tahun 2024 kota Payakumbuh menjadi yg terbaik. 

“Tentunya penghargaan yang kota capai ini mencerminkan bahwa tingkat kualitas keluarga di kota Payakumbuh sangat baik, dimana indikator tingkat kualitas kelurga ini berpedoman terhadap 3 indikator penilaian, yakni dimensi ketentraman, kemandirian dan kebahagiaan,” ungkap Agustion.

Atas capaian yang diraih Pemko payakumbuh melalui DP3AP2KB ini, Agustion berharap nantinya untuk tingkat Nasional, Pemko Payakumbuh juga dapat menjadi yang terbaik hendaknya,” tukasnya.

Adapun untuk angka penilaian iBangga Award tahun 2024 yang diraih Pemko Payakumbuh yakni berada di skor 1465,5, dengan tren angka iBangga di tahun 2021 yakni 53,83 persen, di tahun 2022 yakni 57, 71 persen, dan pada tahun 2023 berada di angka 65,52 persen.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh Jasman yang turut dihubungi media pasca kabar bahagia yang diterima Pemko Payakumbuh ini langsung berucap syukur dan ungkapkan rasa bahagianya.

“Alhamdulillah, keberhasilan dalam meraih nilai tertinggi ini tentunya menjadi suatu hal yang sangat membanggakan, mengingat Pemko Payakumbuh baru pertama kali ikut ambil andil dalam ajang indeks pembangunan keluarga ini. Dan waa syukurillah kabar bahagia ini juga diterima dimasa masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri,” kata Jasman.

Menurut Jasman, keberhasilan dalam meraih penilaian tertinggi iBangga Award tahun 2024 ini berkat solidnya atas kerja sama dari seluruh OPD di lingkup Pemko Payakumbuh yang saling mendukung dalam berbagai program pemerintah.

Jasman berharap dengan pencapaian di tingkat provinsi ini akan mampu ditingkatkan hingga ke tingkat nasional, tentunya nanti akan dapat meraih capaian yang terbaik.

“Dan terlebih dahulu kami dari Pemko Payakumbuh meminta dukungan dari seluruh masyarakat Kota Payakumbuh agar harapan kita bersama ini dapat terwujud,” ungkapnya.

“Penghargaan bentuk apresiasi bagi daerah yang telah melaksanakan program pembangunan keluarga dengan baik dan Payakumbuh sudah membuktikan dengan menjadi juara sehingga target ke depan meraih juara nasional. Tolong doanya semoga berhasil,” lanjut Jasman. (Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top