Tanah Datar-sumateraline. Com   (14 April 2024) 

Budaya masyarakat Nagari Labuah di masa silam, kami ingin nilai leluhur tetap menjadi darah daging, tetap mengalir di dalam darah masyarakat kami, oleh sebab itu kami ingin mengangkat kembali bersama Kerapatan Adat Nagari (KAN) dengan tema Sumarak Labuah Babudayo. 
Hal tersebut disampaikan Wali Nagari Labuah Wahyudi, S.Pd saat pembukaan "Sumarak Labuah Babudayo" Dalam menyukseskan Satu Event Satu Nagri di Nagari Labuah Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar pada Jum'at (12/04) 

Perlu kami sampaikan kepada Bapak Bupati bahwasanya Nagari kami mungkin secara geografis memang terletak di ujung Kecamatan Lima Kaum tapi kami bisa memastikan bahwa yang ada di Nagari Labuah untuk bisa menjadi andalan di Kabupaten Tanah Datar. 

Dengan 250 hetar lahan kering tadi yang siap menanti kucuran dana dari pemerintah, terutama sekali pihak pemerintah Tanah Datar untuk di helat bersama masyarakat, 250 hetar lahan basah yang siap untuk menanti benih-benih padi air yang diberikan pemerintah Daerah siap memajukan perekonomian yang berbasis argo bisnis bersama pemerintah Daerah. 

Melalui mimbar ini saya selaku Wali Nagari Labuah mewakili seluruh masyarakat beserta perantau sangat menginginkan menjadi pailot project, menjadi garda terdepan pemerintahan Kabupaten Tanah Datar dalam hal pertanian peternakan dan perkebunan. 

Potensi dan budaya Nagari Labuah tidak bisa kita anggap hanya sebatas Nagari saja yang terletak di Kabupaten Tanah Datar, kami memiliki banyak potensi salah satunya Medan Nan Bapaneh dan Surau Gadang, dimana dahulu Ulama Sumbar Minang Kabau. 

"Syekh Abdul Malik mendirikan sebuah Surau di Nagari Labuah perlu kita pugarkan dan perlu kita renovasi kembali, kami harap pemerintah Daerah punya komitmen bersama Pemerintah Nagari untuk bersama-sama kita menuju Nagari Labuah yang Madani dan Tanah Datar yang lebih baik, "ujar Wali Nagari Labuah. 

Alhamdulillah keinginan kita sedikit banyak telah di sambut dengan hangat oleh pemerintah Daerah kita diberikan perhatian khusus oleh Bapak Bupati dalam meng alokasi dana khusus anggaran tahun 2024 untuk Nagari Labuah, kita sudah menerima batuan becak motor dan margot sebesar 60juta, rumah bibit sebesar 50juta, iri gasi banda Kobang sebesa 60juta, grennase normalisasi jalan Kabupaten sebanyak 50juta dan yang paling besar adalah pembangunan jalan usaha tani Koto Saiyo sebesar 190juta.

"Kami percaya Bapak Bupati, nilai yang kami sebutkan tadi hanya secuil kuku dari besarnya perhatian Bapak Bupati, kedepannya untuk Nagari Labuah sekiranya Bapak Bupati siap membantu kami dan kami rasa selama Bapak Bupati memberikan perhatian khusus terhadap Nagari Kami. "Masyarakat Nagari Labuah tidak akan lupa siapa yang menolong kami di saat susah dan siap yang hadir di saat kami duka, "ujarnya. 

Harapan kami kedepannya pemerintah Kabupaten agar dapat menjadikan Nagari Kami Prioritas untuk pengembangan sumber daya manusia dan sumber daya alam, kami yakin dan percaya seluruh potensi yang ada di Nagari itu bisa kita tumbuh kembangkan bersama, harapnya. 

Sebelumnya Ketua Pelaksana H. Munafri Dt. Majo Indo Nan Karuik, menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Eka Putra yang telah memberikan kesempatan kepada Nagari Labuah untuk melaksanakan Satu Event Satu Nagari, karena  ini sudah menjadi impian bagi anak-anak kami di Nagari Labuah. 

Panitia kesenian selalu bekerja setiap tahun tetapi kesenian yang mereka tampilkan belum sempat di jadikan satu Event satu Nagari, dan alhamdulillah tahun ini kami dipercaya untuk melaksanakan nya, ini sangat luar biasa kami ucapkan terimakasih, ujarnya. 

"Ajang seperti ini sebetulnya bisa memperlihatkan bahwa begitu banyak potensi di Nagari Labuah yang bisa diangkat kembali supaya masyarakat luar bisa mengenal apa saja potensi yang ada disini," tuturnya. 

Untuk itu saya hanya melihat dari jauh saja, kita serahkan kepada anak-anak muda yang luar bisa termasuk Wali Nagari  masih muda tentu juga bisa mensupport ini sangat luar biasa. Momentum ini saya harapkan bisa menjalin silaturahmi kita, untuk kedepan setelah terselenggaranya Satu Event ini, anak Nagari Labuah betul-betul menjadi satu bersama-sama membangun Nagari, tidak ada lagi permasalahan diantara kita, kata H. Eri Dt. Nan Karuik. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top