Bukittinggi-sumatraline.com- Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat menggelar kegiatan Mini Travel Fair 2019.

Kegiatan ini merupakan kolaburasi kegiatan praktik mahasiswa dari beberapa mata kuliah pada Program Studi Perhotelan dan Program Studi Usaha Perjanan Wisata.

Kegiatan ini dilaksanakan Sabtu 7 Desember 2019 bertempat di hall Kampus III UMSB Bukittinggi.

Event ini bertujuan untuk mensosialisakan cara kerja biro perjalanan wisata di Ajang Travel
Fair, bagaimana perusahaan menjual paket tour baik inbound maupun paket outbound, kemudian perusahaan mempromosikan produk perusahaan kepada buyer potensial dengan memberikan strategi promosi.

Dalam kegiatan ini terlibat 10 perusahaan tour and travel yang
dibuat oleh mahasiswa yang memperlajari mata kuliah perencanaan operasi perjalanan wisata yang diampu oleh dosen Rika Andriani. M.Par, Sementara itu mata kuliah Public Relations yang juga diampu dosen Rika Andriani. M.Par.

mahasiswa berperan menjalankan peran kehumasan, menjadikan event ini sebagai bahan berita dan advertorial, menghandle jalannya acara mini travel fair, mulai dari menyiapakan vendor untuk dekorasi booth participant, dan menyiapkan rundown acara, pressconfrence dengan pihak media, dan menyiapkan doorprice dan pemenang booth terbaik.

Berikutnya mahasiswa dengan mata kuliah Perencanaan Destinasi Pariwisata berperan sebagai konsultan perencanaan destinasi dan atraksi serta menampilkan presentasi masterplan produk daya tarik wisata yang sudah didesain sedemikian rupa dari lahan kosong menjadi sebuah daya tarik yang menarik.

Selanjutnya mata kuliah Tata Hidang dibawah dosen pengampu Rozi Yuliani. SST. Par. MM, mahasiswa berperan sebagai vendor dekorasi untuk merancang dekorasi booth peserta pameran dan mempersiapakan perlengkapan yang dibutuhkan participant event, menghidangkan snack peserta dan makan siang para peserta dan tamu undangan.

Berikutnya matakuliah Pengolahan Roti dan Kue dibawah binaan dosen Wina Asty. MM. Par mahasiswa
berperan sebagai vendor mempersiapan proses pruduksi segala kebutuhan konsumsi untuk terselenggaranya event ini.

Bertindak sebagai visitor/buyer adalah mahasiswa matakuliah Pengantar Hospitality yang diampu oleh dosen Winda Diana. M. Par, dan untuk mempersiapan manpower untuk pelaksanaan event ini dilakukan oleh mahasiswa Mata Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia yang diampu oleh dosen Dewi Anggraini, SE. MM.

Berikutnya untuk menilai strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan tour and travel yang dibuat oleh mahasiswa, dilakukan oleh mahasiswa Mata Kuliah Manajemen Strategi yang juga diampu oleh dosen Dewi Anggraini. SE. MM.

Dalam hal konsultasi perencanaan pembiayaan kegiatan dilakukan oleh dosen mata kuliah Akuntansi Vina Kumala. SE. MM. Akt.

Dalam kunjungan ke venue event Mini Travel Fair 2019 tersebut, Dekan Fakultas Pariwisata Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Moch Abdi. SE.MM sangat mengapresiasi program praktek kolaborasi dari beberapa mata kuliah ini. Terselenggaranya event ini
merupakan bentuk dari kreatifitas mahasiswa yang lahir dari bimbingan rekan2 dosen.

“Event ini merupakan salah satu wujud nyata dari penerapan praktek mahasiswa dimana dengan jenjang pendidikan vokasional Diploma IV ini proses perkuliahan menerapkan pola 40 % perkuliahan teori dan 60% perkuliahan berupa praktek”, ungkap dekan muda ini.

Semoga kegiatan ini menjadi insiprasi bagi para dosen dan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan praktek mahasiswa yang lebih
besar lagi, harapnya.(**")

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top