Bukittinggi-sumatraline.com – Masih dihari yang sama bertempat di Aula Kampus Tiga Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Bukitinggi pada Kamis (30/01/2020).
Maka dilanjutkan dengan pembahasan penandatangan MOU serta adanya komunikasi dengan Drektur Eksekutif Minang Diaspora Bapak Bumalis Ilyas yang akan hadir, dalam pencetusan kesepakatan UMSB siap menjadi tuan rumah Semiloka Pendidikan dan Pengembangan Usaha Wisata Halal, apabila organisasi Minang Diaspora Network Global (MDN-G) mempercayakan UMSB menjadi tuan rumah pada tahun 2021 sebuah even pertemuan rutin tahunan para perantau minang sedunia.

Membangun sinergi dengan pelaku usaha minang sedunia setidaknya bagi perguruan tinggi muhammadiyah yang memiliki program studi relevan menjadi momentum membentuk jejaring orientasi, magang dan praktik usaha bagi mahasiswa dan dosen.

Sebagaimana diketahui bahwa ada empat lembaga pendidikan tinggi muhammadiyah yang memiliki program studi keparwisataan yaitu PTM Aceh, PTM Sumatera Barat, PTM Tangerang, dan PTM Jember.

Kerjasama antar program studi sejenis akan semakin mantap apabila bangunan jejaring tersebut juga bersinergi dengan pelaku bisnis
yang ada dalam wadah MDG-N. Tentu saja bangunan sinergi pendidikan dengan dunia usaha dan dunia industri (DU/DI) menjadi bagian dari semangat kolaborasi Bersama Bangun Bangsa dan Cerahkan Semesta sejalan dengan tema muktamar 107 tahun muhmmadiyah bangun negeri yang akan berlangsung bulan Juli 2020 di Solo.

Kerjasama sinergi dengan berbagai komunitas menjadi bagian dari antisipasi konsep kampus
dan belajar merdeka oleh Madiknas Nadiem Makarim. Dalam hal ini, Dekan Parinkraf UMT sebagai anggota Taskforce Bidang Pengembangan Wisata MDG-N juga menginformasikan bahwa UMT sudah menjalin kerjasama dengan MDN-G dalam bentuk keringanan biaya kuliah di empat program studi, yatu : Prodi S1 Pariwisata, Prodi D3 Periklanan, Prodi S1 Desain Komunikasi Visual, dan Prodi S1 Transportasi.

Adapun informasi lengkap tentang program studi yang dimaksud dapat dilihat di www.parinkrafumt.ac.id. Barangkali kerjasama serupa juga bisa dilakukan oleh UMSB sebagai bentuk bangun sinergi pendidikan dengan dunia usaha dan industri.

Banyak usaha dan perusahaan perantau atau masyarakat minang yang bisa dijadikan mitra pembelajaran melalui kerjasama dimana salah satu karya kreatif MDG-N adalah pemberian diskon atau cashback kepada pemegang kartu digital (brizzi) yang bernama Minang Card yang disiapkan oleh yayasan diaspora minang bekerjasama dengan BRI.

Selain sebagai kartu diskon dimerchant yang bekerjasama, semua usaha dan jasa warga MDN-G tampil dalam akun youtube Minang Diaspora dan dipromosikan dimedia sosial lainnya seperti Facebook, instagram, twitter, website resmi Minang Diaspora.

Bagi kalangan yang minat gabung dalam program digitalisasi dan promosi online bisnis urang awak sekaligus memperkuat jaringain perantau minang sedunia agar bisa bersaing dalam era globalisasi, dapat mengirim foto atau video ke email minangdiasporanetwork@gmail.com. Sementara yang ingin berartisispasi dalam menyusun peta sebaran usaha dapat mengisi form survey di http://bit.ly/IBUPanduNusantara. (Rls)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top