Padang-sumateraline.com- Yayasan Shine Al-Falah yang menaungi Pondok Pesantren Perkampungan Minang Kabau besok 27 Februari 2021 akan gelar "Mahimbau Gala'' di Lokasi Pesantren.

Hal itu di ungkapkan oleh Syamsul Akmal , S. Ag., M. M,  Tuangku Putiah selaku ketua Yayasan Shine Al-Falah  kepada awak media di kediaman Ponpes Jumat, (26/2/2021).

Acara Mahimbau Gala di lingkungan Pesantren itu akan dilaksanakan pada malam hari yang akan tenggarangi oleh KAN Koto Tangah dan dihadiri oleh 40 Pandeka serta tokoh adat yang ada di Kota Padang, jelas pria yang juga merupakan Sekretaris MUI Sumbar itu. 

"Setelah acara Maihimbau Gala akan dilanjutkan dengan makan bajamba," pungkasnya. 

Masih kata buya Akmal yang juga merupakan kanidad Doktor UNP juga menjelaskan bahwa Mahimbau Gala itu ada sekitar 60 orang yang terdiri dari Guru dan Santri di lingkungan pesantren.

Gelar itu sudah ada pada masing-masing yang mereka dapatkan dari kampung yang diberikan oleh ninik mamak masing-masing, katanya. 

Kemudian apa bila ada guru yang tidak dari minang nantinya akan ada namanya "Malakok". siapa yang igin masuk suku dari yang ada dan kemudian nanti disetujui oleh pemuka suku yang bersangkutan, paparnya. 

Kita berharap kedepan tradisi ini akan menjadi rutinitas kami dan bisa menjadi percontohan bagi pesantren lainnya, tutupnya. (SRP) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top