Padang-sumateraline.com- Dalam rangka Puncak  Hari Air Dunia (HAD) ke XXIX BWS V Padang melaksanakan penanaman pohon Di Batang Jirak yang di pimpin langsung oleh Kepala BWS V Padang, Dian Kamila, ST, MT Selasa, 23 Maret 2021.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat seperti biasa setiap tahunnya melaksanakan perayaan Hari Air Dunia. Yang mana pada tahun ini Perayaan Puncak Hari Air Dunia Ke XXIX dilakukan secara online dan offline di Bendungan Sindangheula Kabupaten Serang Provinsi Banten. 

Dian Kamila, ST, MT mengatakan bahwa dalam rangka memperingati Hari Air ke-XXIX, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melakukan aksi penanaman pohon secara serentak di 34 Provinsi di Indonesia, salah satunya di Provinsi Sumatera Barat. 

" Balai Wilayah Sungai Sumatera V Padang akan melaksanakan penanaman pohon Di Batang Jirak, Kepala BWS S V Padang, ungkapnya. 

Dengan tema ini diharapkan terbentuk pemahaman dan kepedulian betapa berharganya air bagi individu maupun berbagai kelompok masyarakat, yang pada akhirnya mendorong partisipasi untuk dapat menjaga dan mengelola air dengan baik, serta bertujuan meingkatkan perhatian dan kesadaran publik akan pentingnya air dan pengelolaan sumber air secara berkelanjutan, jelasnya. 

“Pohon yang ditanam sebanyak 100 pohon tanaman produktif seperti mangga, durian, rambutan, lengkeng, jeruk, dan jambu jamaika. Dari penanaman ini  diharapkan dapat tumbuh dan menjadi area tangkapan air, paparnya. 

Masih kata dia, Hari air dunia bukan hanya sebatas seremoni. lebih dari, masyarakat harus dapat merasakan makna dan manfaatnya sebagai kegiatan yang berkelanjutan. Selanjutnya tetap waspada pandemi Covid-19, kegiatan penghijauan atau penanaman pohon pada infrastruktur PUPR harus taat dan disiplin pada protokol kesehatan covid-19.

Dian beberapa langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan air seperti melakukan daur ulang barang bekas, buang sampah pada tempatnya, meminimalisir penggunaan bahan kimia, menggunakan air secukupnya, melakukan sosialisasi, dan melakukan penghijauan seperti tanam pohon yang kita lakukan hari ini. 

Pada Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS S ) V Padang, Perayaan HAD Ke XXIX dilaksanakan di Batang Jirak Pegambiran Kota Padang. BWS S V Padang mengundang berbagai instansi terkait, tokoh masyarakat dan Komunitas Peduli Sungai (KPS). Dalam kesempatan yang sama juga dilaksanakan PKS antara BWS S V Padang dengan KPS Pelangi dan KPS Kamang Hilia.(SRP)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top