Tanah Datar-sumateraline.com Sabtu (10/04-2021)

Bupati Tanah Datar Eka Putra resmikan Nagari binaan berbasis teknologi Informasi di Nagari Tabek Patah Kecamatan Salimpaung, bekerja sama dengan
Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Kampus Sumatera Barat    Sabtu (10/04) jam 10:00 Wib.

Bupati Eka Putra pada sambutannya menyatakan, tabek patah merupakan lokasi binaan nagari yang mempatkan mahasiswa pelajar IPDN Kampus Sumatera Barat untuk melaksanaka kuliah lapangan praja, sebagai salah satu bentuk pelajaran pendidikan intrakurikuler bagi siswa program sastra satu, kata Bupati.

Dengan memberikan pengarahan belajar kepada mahasiswa dalam masyarakat diluar kampus. "Kepada pemerintah nagari dan masyarakat nagari tabek patah yang menjadi lokasi penempatan mahasiswa praktek kerja praja IPDN kampus Sumatera barat. Hendaknya dapat menerima dan memberikan pelayanan yang baik kepada IPDN sehingga akhirnya dapat berubah kearah yang lebih bagus, sesuai dengan yang diharapkan dari pelaksanaan praktek kerja lapangan IPDN itu sendiri," tegas Eka Putra.

Wali Nagari Tabek Patah H. K. Dr. Rajo Nan Kayo dalam sambutannya mengatakan, IPDN telah mengukir sejarah di nagari kami tabek patah, ini sebagai catatan bagi kami atas dipilihnya tabek patah sebagai nagari binaan teknologi informasi, bekerjasama dengan Universitas Bung Hata.

"Kami ucapkan terimakasih kepada Pemerintah yang telah memilih nagari tabek patah sebagai pilar projects percontohan bagi nagari lain,      kami akan bekerja sama dengan semua pihak untuk melakukan kegiatan ini," kata Wali Nagari.

Dikesempatan itu,
Direktur IPDN Sumbar Dr. Tun Haseno, M.Si menyampaikan, sebetulnya kegiatan ini sudah 6 bulan yang lalu direncanakan, waktu itu kami berkunjung ke Tanah Datar ditemani oleh Pak Sekda disaat diskusi sesuai arahan almarhum Bupati Irdinansyah Tarmizi karena beliau tidak bisa ditemui dalam keadaan sakit tetapi kami bicara lewat telphon.

Disitulah almarhum menyampaikan bahwa tanah datar ingin mendapatkan kontribusi untuk pengembangan nagari, beliau bertanya, apa yang kami miliki,
kami jawab, kami akan menyumbangkan pemikiran ide dan gagasan bagai mana tanah datar agar menjadi pailot projects  pembinaan nagari di sumatera barat.

Bupati memberi tahukan kepada semua kepala OPD, 6 bulan kami berdiskusi dengan OPD pada tanggal 2 November 2020, sesudah kami menadatangani MoU, beliau bertanya lagi damana Kampus yang tepat, "kami mengatakan satu saja yakitu tabek patah, setelah 4 hari MoU di tandatangani ada kabar almarhum telah berpulang," ucap Rektor IPDN.

Lebih lanjut rektor IPDN berkata bahwa ia mengundang rektor Universitas Bung Hata dengan MoU untuk diadakan kerja sama, kenapa kok Universitas Bung Hata? karena IPDN itu ilmu pemerintahan tidak mungkin kami bisa mengoktimalkan kalau hanya kami.

Itulah makanya kami berbagi dengan Bung Hata, bagaiana tataan dan pembinaan nagari itu tanggung jawab kami sesuai dengan perkembangan zaman sekarang yang berbasis AiTi digitalisasi itu bagus sekali, dengan tema tabek patah nagari binaan berbasis teknologi dan informasi, pungkasnya.

Hadir saat itu rektor IPDN diwakili oleh Wakil rektor IV bidang kerjasama Dr. Deti Muliati, SH. Cn, Direktur IPDN Kampus Sumbar Dr. Tun Haseno, M.Si, rektor Universitas Bung Hata Prof, Dr. Tafdil Husni, SE. MBA, Forkompinda, anggota DPRD Tanah Datar Nur Handi Hazari Dt. bapayung Aneh, Wali Nagari Tabek Patah H. K. Dt. Rajo Nan Kayo, Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Camat Salimpaung Abramis Yuzi, Ketua KAN Nagari Tabek Patah, Niniak Mamak, Bundo Kandung, Wali Nagari se-Tanah Datar, Camat serta undangan.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top