Tanah Datar-sumateraline.com Rabu (09/06-2021).

Pemerintah daerah di haruskan mampu menciptakan sistem pengelolaan keuangan daerah, dengan tranfaran akuntabilitas, selektif dan Efesien. Sesuai dengan keadaan dan kebutuhan setempat tetapi harus mentaati peraturan Perundang-undang yang lebih tinggi.

Hal itu, disampaikan oleh anggota DPRD dari Fraksi Nasdem Adrijinil Simabora, SH Dt. Rangkayo Mulia dalam
Pandangan umum Paripuna yang dilakukan secara virtual, karena  adanya salah seorang anggota Dewan yang terkonfirmasi Positif Covid-19 rapat tersebut diadakan di ruang sidang Gedung DPRD Pagaruyung Batusangkar Kabupaten Tanah Datar  Sumbar Rabu 09/06 pukul 09:00 Wib.

Kami dari Fraksi Nasdem membaca dan menelaah bahwa pendapatan asli daerah yang masih belum maksimal dan apa saja kendalanya ? Seperti pendapatan pajak daerah dan pendapatan hasil pengelolaan kekayakan daerah yang dipisahkan disisi lain, kami mengapresiasi dalam pencapaian target pendapatan retribusi daerah yang mencapai 114% serta lain-lain, pendapatan asli daerah 101,45% khusus mengenai pendapatan pajak daerah kami meminta daftar objek pajak rumah makan atau cafe serta besaran pungutan pajak tersebut pada tahun 2020, ujarnya.

Merujuk pada amanat Permendagri no 1 tahun 2020 tentang pencegahan penyebaran dan percepatan penanganan Covi-19 dalam lingkungan pemerintah daerah, mohon penjelasan dan data tentang pengunaan dana recofusing tahun anggaran 2020, ucapnya.

"Berdasarkan nota penjelasan Bupati tentang belanja pegawai
halaman 9 , disitu kami menelaah adanya kelebihan dana 225% dalam hitungan kami dari Fraksi Nasdem menghitung ±13 miliayar mohon penjelasan kemana uang tersebut," katanya lagi.

Berdasarkan nota penjelasan Bupati kami menelaah adanya belanja modal aset tidak terwujud yang realisasinya sebesar Rp 527,880,700; mohon penjelasan tentang belanja modal aset tidak berwujud tersebut," tegasnya.

"Kami dari Fraksi Nasdem meminta penjelasan kepada pemerintah daerah melalui dinas terkait tentang keterlambatan tahapan pemilihan Wali nagari di beberapa nagari Kabupaten Tanah Datar apa saja permasaalahan dan gendalanya," pungkasnya.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top