Tradisi Malamang dan seratus hari bagi masyarakat yang meninggal dunia Memperkuat Pendidikan Karakter di Padang pariaman.

"Kegiatan malamang dan seratus hari bagi yang meninggal dunia (memasak lemang atau ketan untuk dimakan bersama) memang sangat efektif dalam membangun kekompakan para masyarakat. Sebab  kegiatan itu tidak bakal berjalan tanpa kekompakan," kata ibuk lusi.warga korong gantiang subarang nagari Kapalo koto kec.nan sabaris kab.padang pariaman , ibuk lusi Budaya Malamang, Bajamba dan sangat membangkitkan budaya masyarakat Padang pariaman

Ia mengatakan kegiatan malamang dan bajamba merupakan tradisi budaya warga Padang pariaman yang biasanya dilakukan pada acara yang diselenggarakan warga setempat.

Malamang dan bajamba tersebut penting dipertahankan sehingga tradisi tersebut dirasakan oleh generasi selanjutnya.

Kegiatan ini juga dapat mempertahankan tradisi, makanan tradisional, serta menciptakan karakter positif kepada masyarakat, sebab  kegiatan tersebut meminta kebersamaan dan kekompakan masyarakat.

Kalau tidak kompak maka hasilnya tidak akan bagus," katanya.


Malamang merupakan kegiatan membuat salah satu makanan tradisional yang disebut lamang atau lemang dan biasanya dibuat secara bersama-sama.


Sedangkan bajamba adalah tradisi makan yang dilakukan oleh orang Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama  dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan.


 Sementara itu, wali nagari Kapalo koto BPK Sony putra (Acong) mengatakan pihaknya terinspirasi mengadakan melamang budaya itu karena kondisi sosial masyarakat di Padang pariaman yang mendukung terlebih adanya Meratus hari yang meninggal dunia yang identik dengan malamang.


Melamang itu setiap meratu hari yang meninggal dunia di ada kan


Masyarakat  mengatakan kegiatan tersebut bermanfaat bagi masyarakat pariaman karena itu orang tua dan generasi muda mendukung pelaksanaannya sehingga masyarakat  secara kompak membuat lamang dan jamba.

Kami tidak menyentuh sedikitpun dana nagari, karena kegiatan ini memang keinginan bersama masyarakat. Terlebih pelaksanaannya bertepatan dengan Meratus hari masyarakat yang .meninggal dunia ujar ibuk lusi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top