Babinsa Koramil 07/Pk  Serda pry Iryanto dan Babinkamtibmas Bripka jeprinaldi
,kerap sekali  mendampingi petugas Puskesmas Pauhkambar saat melacak kontak erat atau tracing contact dari warga yang terkonfirmasi positif virus corona jenis baru pemicu Covid-19. Peran itu di emban para Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Tracing contact menjadi hal wajib bagi satgas penanggulangan Covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona. Selama ini, para bidan atau yang ditunjuk dari Puskesmas dan tim dari Puskesmas menjadi ujung tombak Dinas Kesehatan kabupaten Padang Pariaman untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona.

Sayangnya, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif corona atau tidak. Oleh sebab itu, tim dari Puskesmas Pauhkambar bersama Babinsa dan Babinkamtibmas merasa perlu untuk melibatkan aparat polisi dan TNI dalam kegiatan tracing contact ini.

Aparat ini bisa membantu tim dalam mengedukasi warga terkait perlunya mengikuti tes swab maupun rapid antigen. “Yang lakukan tracing dari bidan Nagari dan tim dari puskesmas dengan didampingi Bhabinkamtibmas [Bhayangkara Pembina Kamtibmas] dan Babinsa [Bintara Pembina Desa],” terang Komandan Koramil 07/Pk   Kapten inf Agus Lesmono

Danramil mengakui tidak semua warga mau menerima kenyataan telah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona. Sebagian dari mereka bahkan menolak untuk di tes swab atau rapid antigen.

Akan tetapi, berkat pendekatan tracing contact Covid-19 dari tim Puskesmas   dan di dampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas, warga akhirnya mau mengikuti Swab atau rapid antigen. “Persentase yang menolak menolak menjalani swab atau rapid antigen sedikit,” ucapnya.

Sementara Babinsa Serda pry Iryanto menerangkan, “dengan kegiatan tersebut kami juga sangat hati hati karena dari Babinsa dan Babinkamtibmas tidak menggunakan APD yang lengkap sehingga saya sangat kwatir terhadap diri kita sendiri, akan tetapi inilah pengabdian kepada negara dan rakyat harus di laksanakan dengan Ikhlas”, ungkapnya.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top