Tanah Datar-sumateraline.com Senin (14/06-2021)

Kelompok Nelayan Guguak Malalo, terima batuan perahu sebayak 22 unit, mesin tempel 22 unit, jaring 88 unit, baju pelampung sebayak 88 unit, lampu senter kepala 88 unit, yang diserahkan langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE didampingi Kadis  perikanan Hilmi, M.Si, Dt. Pangulu labiah di Kantor Wali Nagari Guguak Malalo Kecamatan Batipuh Selatan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat Senin (14/06) jam 14:00 Wib.

Salah seorang ketua kelompok Nelayan Salingka Danau, Edi, mengucapkan syukur dan terimakasih
kepada pemerintah daerah yang telah memberikan bantuan untuk kesejahteraan kami para Nelayan, dengan adanya batuan ini semoga bisa meningkatkan ekonomi kami yang kesehariannya hanya sebagai nelayan.

"Selama ini kami tidak punya Perahu atau alat untuk penangkap ikan, biasanya kami mengunakan perahu yang tidak ada mesinnya, kalau mencari ikan sampai ketengah kadang kala banyak resikonya, Badai, Ombak, hujan tidak bisa cepat balik ke tepian atau penggiran. Sekarang Alhamdulillah tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mencari ikan sampai ketengah danau," ucap Edi.

"Satu lagi kami mohon kepada pemerintah agar secepatnya terealisasi kapal pesiar didanau Singkarak, kalau kapal sudah ada bisa juga menghidupi ekonomi masyarakat di sekeliling danau," katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh ketua kelompok lain, Azman, mengatakan, apa yang kami dambakan selama ini sekarang kami sudah ada. Sesuai apa yang di sampaikan Bupati tadi harus memperhatikan lingkungan dan potensi danau Singkarak.

"Kami akan patuh aturan, tidak melanggar apa yang sudah dikatakan pemerintah, tidak mengunakan penangkap ikan yang dilarang seperti mengunakan Bom, arus Listrik dan racun, memang dampak dari penangkapan ikan yang seperti itu akan membunuh bibit-bibit ikan yang akan berkembang di kemudian hari," katanya.

Kita berharap kepada pemerintah, agar betul-betul menegakkan aturan untuk melarang menangkap ikan secara yang dikatakan Bupati tadi, kami insyaallah Allah akan mematuhinya, menyambung apa yang dikatakan rekan kami barusan, "kami memang berharap kapal persiar untuk danau Singkarak cepatnya di datang kan, agar danau ini bisa tempat wisata bagi wisatawan lokal maupun dari manca Negara bisa menambah ekonomi masyarakat," ujar Azman.

Hadir di kesempatan tersebut, Kadis perikanan Hilmi, M.Si, Dt. Pangulu labiah, Camat Batipuh Selatan, Heru Racman, S.STP, M.M, PJ Wali Nagari Guguak Malalo Dra. Jasmanidar, Wali Nagari selingka Danau Singkarak, Kapolsek Batipuh Selatan, Iptu Gusrial, Dandramil Batipuh Selatan, Pelda Afrizal. (007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top