Tanah Datar-sumateraline.com Senin (14/06-2021)

Sebanyak 16 orang Kelompok Usaha Bersama (KUB) nelayan menerima batuan alat penangkap ikan di Danau Singkarak. Diserahkan oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE didampingi Kadis Perikanan Hilmi, M.Si, Dt. Pangulu labiah, Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Tanah Datar Andi Maqbul di Kantor Wali Nagari Guguak Malalo Batipuh Selatan Senin (14/06).

Bupati Eka Putra, dalam sambutannya menyampaikan, perairan umum Danau Singkarak merupakan salah satu sumberdaya alam yang potensial untuk dijadikan sebagai modal dasar pembangunan, dengan demikian dalam pemanfaatan perairan umum tersebut harus memperhatikan faktor faktor lingkungan sebagai tempat berlangsungnya hubungan timbal balik antar makhluk hidup dan alamnya agar dapat dimanfaatkan secara lestari dan berkelanjutan.

"Untuk kelestarian danau dan ikan yang ada didalam danau singkarak dibutuhkan peran dari sektor dan instansi terkait untuk menjaga dan melestarikan, agar masyarakat Salingka danau dapat memanfaatkan sebagai sumber perekonomian khususnya bagi nelayan," sampai bupati.

Bupati katakan, untuk mendukung ekonomi nelayan Salingka danau, pemerintah memberikan bantuan perahu dan peralatan penunjang lainnya untuk menangkap ikan. " Bantuan ini bertujuan meningkatkan pendapatan masyarakat nelayan di Danau Singkarak dengan memakai alat tangkap yang ramah lingkungan dan mengantisipasi agar tidak menggunakan bagan dan peralatan lainnya  sebagai alat tangkap yang dilarang atau mengancam kelangsungan populasi ikan," ujar Eka Putra. 


Bupati juga berpesan kepada nelayan,  gunakanlah alat tangkap ikan di danau Singkarak dengan menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan sehingga ikan Bilih dan Sasau yang merupakan ikan endemik air tawar yang hanya ada di danau Singkarak, Sumatera Barat bahkan satu satunya di dunia, agar dapat meningkat populasinya sehingga masyarakat Salingka Danau Singkarak dapat meningkat pendapatannya dan kesejahteraannya semakin baik, pesan Bupati Eka Putra.

Sebelumnya Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Hilmi melaporkan bantuan perahu, alat penangkap ikan dan perlengkapan di serahkan kepada 16 kelompok Usaha Bersama Nelayan Salingka Danau berasal dari Kecamatan Rambatan dan Batipuh Selatan.

"Bantuan yang diterima Kelompok Usaha Bersama (KUB) tersebut, Perahu Sebayak 22 unit, mesin tempel 22 unit, jaring gilmet 4 inci penangkap ikan 88 unit, baju pelampung 88 unit, lampu senter kepala 88 unit, yang bersumber dari DAK Kelautan dan Perikanan Sumbar pada Bidang Budidaya dan Tangkap pada Dinas Pangan dan Perikanan sebesar Rp 528 juta, " sampainya. 

Hadir saat penyerahan Camat Batipuh Selatan, Heru Racman, S.STP, M.M, PJ Wali Nagari Guguak Malalo Dra. Jasmanidar, Wali Nagari selingka Danau Singkarak, Kapolsek Batipuh Selatan, Iptu Gusrial, Dandramil Batipuh Selatan, Pelda Afrizal dan masyarakat salingka Danau.(007-n/h)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top