Tanah Datar-sumateraline.com (08/09-2021)

Bukan nilai sumbangan yang kami pikirkan, yang menjadi obat bagi kami adalah kunjungan bapak Bupati Eka Putra ke rumah kami, dan beliau mau menaiki rumah kami, kedatangan beliau ini bisa menjadi obat dan kehormatan besar bagi kami, kalau kerugian yang kami alami tidak seberapa tapi kepedulian seorang bupati membuat hati kami senang.

Hal itu dikatakan Ibu Siti Hawa 87 tahun korban Pohon tumbang di jorong Koto Tuo Nagari Samabur Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar Sumbar pada Rabu (08/09).

Waktu kejadian Pohon tumbang yang menimpa rumah ini saya sedang sakit, saya susah untuk bergerak dan kaget terpaksa saya pasrah, akan tetapi saya merasa bersyukur tidak menunggu lama perangkat nagari, Camat, Polsek Danramil spontan turun memberikan batuan kepada kami kejadiannya sesudah sembahyang subuh, kata Mulyadi mewakili ibunya Siti Hawa.

Kami mengucapkan terimakasih atas kunjungan pemerintah daerah ke rumah kami, kehadiran kepala daerah seperti ini yang kami butuhkan, kalau masyarakat dilanda musibah butuh pertolongan bapak kami hadir ditengah-tengah kami masyarakat, ini lebih dari bantuan pak, ucapnya.

"Saya dan keluarga  merasa kaget karena siap kejadian jam 9 pagi semua bantuan dari dinas sosial dan baznas cepat berdatangan ditambah lagi kekompakan masyarakat yang saling membantu, tidak seperti daerah lain kalau ada kejadian menunggu dulu, bukan kita membanding-bandingkan, itulah kenyataan sebenarnya yang kami alami," kata Mulyadi yang mewakili Ibunya Siti Hawa.

Hal senada juga di sampaikan Deswarti, "saya merasa senang rumah saya dinaiki, bapak Bupati, karena yang kami butuhkan kunjungan seorang bapak terhadap anaknya apa bila si anak membutuhkan bantuan, beliau kan Pak Bupati kita tentu beliau yang tahu yang dibutuhkan masyarakatnya.

"Bukan nominal batuan yang kami pertanyakan, tetapi kehadiran bapak yang kami tunggu disaat kami masyarakat mendapat musibah, kunjungan ini sudah lebih dari bantuan bagi kami," tambah Deswarti yang juga rumahnya kena Pohon tumbang.

Sebelumnya Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan terimakasih atas sambutan tuan rumah, kami datang kesini lengkap semua untuk menyerahkan bantuan semoga bantuan ini bisa untuk membayar gaji tukang yang akan memperbaiki rumah kembali.

Kedatangan kami kesini bersama baznas untuk memberikan bantuan rumah masyarakat ditimpa Pohon yang ada di Jorong Koto Tuo Nagari Simabur ini dan
melihat bagaimana keadaan korban rumahnya yang kena Pohon, ini sebagai kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat yang mengali musibah, ucap Bupati.

Bantuan yang diberikan tidak banyak, minimal bisa untuk mengobati kaget pemilik rumah, hanya sebesar Rp. 7.500.000; di bagi 2 yang 1 mengalami rusak agak parah dari rumah yang disebelah dapat batuan 5 juta sedangkan yang disebelahnya kerusakan ringan dibantu Rp. 2.500.000;

"Mudah-mudahan kedatangan kami  menjadi berkah bagi korban, tentunya menjadi ibadah bagi masyarakat atau pegawai yang berzakat di Baznas, jadi harapan kita kalau ada rejeky berlebih bayarlah zakatnya ke Baznas,"ujar Bupati.

Kami minta kepada masyarakat maupun pak Jorong pemerintahan nagari agar selalu waspada apa lagi cuaca agak ekstrim hari musim hujan kita lakukan antisipasi badai, banjir, pada satgas nagari kalau ada kejadian selalu siap siaga dan laporkan kepada saya. Bagi yang mempunyai rumah dekat batang Pohon atau di daerah rawan longsor agar lebih berhati-hati, pungkas Bupati.

Nampak hadir Kadis Sosial, Ketua BAZNAS Tanah Datar, Kepala BPBD Tanah Datar, OPD terkait, Forkopinca, Camat Pariangan, Wali Nagari Sabur yang diwakili karen tidak bisa hadir ada keperluan mendadak ke Padang, Kapolsek Pariangan serta Babinkamtibmas, Dandramil dan Babinsa Koramil 03 Pariangan.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top