BLK Komunitas  Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa sukses melaksanakan pelatihan berbasis Kompetensi Angkatan I Kejuruan Agro Industri (Processing) Sub Kejuruan Pengolahan Buah, di BLKK Yayasan Bintang Sembilan Peduli Bangsa, yang beralamat di Jorong Gurun, Nagari Gurun, Kecamatan Sungai Tarab, Kabupaten Tanah Datar.

H. Febby Dt Bangso Selaku Ketua  Forum BLK Komuntas Sumatera Barat , Dengan ini menyampaikan,  pelantihan berbasis kompetensi yang dibuka pada hari Kamis tanggal 2 September 2021 ini merupakan program BLKK YBSPB yang difasilitasi oleh Kementrian Tenaga Kerja (KEMENAKER) yang dalam pelaksanaannya fokus dalam pengolahan Buah dan limbah olahannya.

Pelatihan berlangsung 1 bulan dan hari ini ditutup oleh Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH, MH, pelatihan ini, para peserta yang terdiri dari Ibu - Ibu dan remaja putri dibekali tidak hanya teori dan praktek dalam pengolahan Buah dan penanganan limbah yang masih mengandung nutrisi yang cukup untuk diolah menjadi produk olahan lainnya.

Menurut Nurhasni salah satu Peserta  yang ikut pelatihan, mengatakan semua begitu antusias mengikuti pelatihan ini.

Mereka juga diajarkan tentang bagaimana cara membersihan dan sanitasi peralatan dan ruangan kerja, menerapkan system dan prosedur keselamatan & kesehatan kerja (K3), Proses Pengemasan yang baik, Good Manufacturing Practices, soft skills dan juga dibekali dengan ilmu ekonomi sederhana dalam menghitung biaya produksi, HPP, penetapan harga jual dan BEP, sehingga pada akhirnya para peserta dapat mengetahui dengan sendirinya laba rugi saat ber produksi.

Lebih lanjut Febby katakan, selamapelatihan ini telah banyak produk yang dihasilkan, antara lain : sirup Jeruk, sari Buah Jeruk, selai Jeruk, manisan kulit Jeruk, mie daun Kelor fortifikasi telur dan using rebon, mie merah, stik Buah naga, kaldu jamur jahe instant, saos tomat dan saos sambal, brownies, es cream dan puding alpokat, brulle, bakso Ayam.

Diharapkan dengan pelatihan ini para peserta memiliki keterampilan dalam berwirausaha, baik secara mandiri maupun berkelompok dalam suatu wadah UMKM. 

Pengharapan terbesar dari para peserta bagaimana mereka tersentuh program pemerintah kabupaten  melalui dinas koperasi , UMKM dan BLK dalam bentuk pembinaan dan upgrade ilmu kewirausahaan. 

Dan Alhamdulullah hari ini kita sepakati terbentuknya koperasi simpan pinjam bajapuik dan koperasi yang  rencana akan menyediakan bahan baku produksi , kemasan   yang mereka butuhkan juga sebagai wadah penyaluran distribusi produk yang mereka jual ke masyarakat sekitarnya hingga tersebar pula di luar kabupaten Tanah Datar, kata Febby Dt. Bangso.

Acara Penutupan Pelatihan ini dihadiri Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, SH.MH dan  Riswanto kepala program pelatihan , Balai Latihan Kerja Padang Kementrian Tenaga Kerja RI, Kadis DPMPTSP NAKER, Camat Sungai Tarab Arianto.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top