Brian Putra Bastara, pengusaha muda Minang yang miliki sederet jabatan mentereng dan kini menjabat sebagai Ketua BPD HIPMI Sumbar. /Instagram @brianpb92

Padang-sumateraline.com-Terlahir dari keluarga pengusaha yang merintis usahanya dari bawah, tidak menjadikan Brian Putra Bastara manja dan berpuas diri.

Walau memiliki orang tua pengusaha di sejumlah bidang dan ternama, tapi Brian Putra Bastara dididik sebagai anak yang harus mampu bekerja keras membangun usahanya sendiri tanpa melupakan pendidikan sebagai investasi berharganya untuk mengembangkan diri.

Siapakah sebenarnya Brian Putra Bastara? Brian Putra Bastara lahir dari pasangan Basrizal Koto dan Elita Basko.

Dikutip dari pikiranrakyat.com , Ayahnya, Basrizal Koto adalah seorang pebisnis terkenal asal Pariaman. Brian berdomisili di Kota Padang dan aktif sebagai pimpinan tiga perusahaan dan sekaligus sebagai Ketua BPD HIPMI Sumbar.

Dididik dan dibesarkan oleh sang Ayah yang merupakan pengusaha yang memulai karirnya dari bawah. Sepak terjang sang ayah, Basrizal Koto, sudah tak diragukan lagi. Hal itupun menurun pada Brian Putra Bastara.

Kini Brian Putra Bastara sendiri sudah menjadi pengusaha muda yang cukup terkenal asal Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar).

Tak hanya itu, jabatan mentereng diduduki oleh Brian Putra Bastara seperti Managing Director Premier Basko Hotel, Managing Director Cerya Security Printing dari tahun 2016 hingga sekarang, dan juga sebagai Chief Executive Officer Haluan Media group dari tahun 2019 hingga sekarang.

Bahkan Brian Putra Bastara juga mendapat Amanah yang luar biasa sebagai Ketua Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sumbar periode 2021-2024.

Berbisnis sejak SMA

Seperti yang diketahui, Brian Putra Bastara terlahir dari keluarga pengusaha. Keluarganya memiliki perusahaan dibanyak bidang diantaranya bisnis media, percetakan, pertambangan, peternakan, perhotelan dan property. Sehingga tak heran Brian terjun sebagai pengusaha karena turunan dari keluarganya sebagai pengusaha.

Meski demikian, Brian Putra Bastara juga memiliki usahanya sendiri. Sebagai seorang anak pengusaha tidak membuatnya manja dan lekas berpuas diri. Ia telah terjun ke dunia bisnis sejak masih duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA). Bisnis yang ia geluti meliputi fashion, F&B, properti, hingga bisnis berbasis digital.

Ia dipercaya untuk menjadi Managing Director Premier Basko Hotel pada umur 20 tahun. Ia juga pernah menjadi Board of Director Brivera Sky Garden dari tahun 2013-2015, Managing Director Cerya Security Printing dari tahun 2016 hingga sekarang, dan juga sebagai Chief Executive Officer Haluan Media group dari tahun 2019 hingga sekarang.

Mengelola bisnis tidak lantas membuat Brian Putra Bastara melupakan pendidikan. Sembari berbisnis, ia pun melanjutkan studi Magister di Universitas Andalas, Sumatera Barat jurusan Manajemen Marketing. Brian sadar betul, bahwa pendidikan adalah investasi yang berharga untuk mengembangkan diri.

Pemberani, Jeli, Pantang Menyerah

Sang Ayah, Basrizal Koto selalu mendidik Brian Putra Bastara dengan keras, agar mampu menjadi sosok pemberani yang selalu jeli melihat peluang. Tak hanya itu, ia juga dilatih untuk pantang menyerah dalam menghadapi tekanan bisnis. Nilai-nilai itulah yang tertanam baik dalam diri Brian.

Brian Putra Bastara, pengusaha muda Minang yang kini menjabat sebagai Ketua BPD HIPMI Sumbar.

Brian Putra Bastara merupakan seorang lulusan Diploma Bisnis High Scope High School pada tahun 2010. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di Bachelor of Commerce Curtin University pada tahun 2012. Pada tahun 2016, Brian menempuh pendidikan lanjutannya Magister di Marketing Management Andalas University.

Pada tahun 2019, Brian memutuskan mengembangkan bisnis digital. Ia membuat Haluan Media Group sebagai tempat bernaung sejumlah startup media digital. Haluan Media Group ini bermula dari surat kabar Haluan di Sumbar yang sudah terbit sejak 1948.

Koran bersejarah ini oleh Brian dikembangkan menjadi media digital. Cita-cita satu, agar koran lokal bersejarah ini bisa menjadi media digital yang bersaing di kancah nasional.

Beberapa perusahaan bernaung di dalamnya meliputi media online,media alternaif, agensi kreatif, EO Company, Production House, perusahaan teknologi dan software, E-sport media dan manajemen, Perusahaan riset dan survey, dan lainnya.

Brian Putra Bastara menyadari, bahwa bisnis digital adalah salah satu bisnis yang menjanjikan di masa depan. Apalagi dibarengi dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat.

Ekspansi bisnis adalah bukti bagaimana Brian Putra Bastara sebagai pengusaha muda punya keberanian serta kejelian dalam berbisnis. Ia tidak takut gagal, sebab semua risiko sudah diperhitungkan dengan matang.

Ketua BPD HIPMI Sumbar

Tak hanya mumpuni di bidang bisnis, ia juga aktif diberbagai organisasi. Di antaranya yaitu perkumpulan pelajar Indonesia Australia pada tahun 2010-2012, HIPMI dari tahun 2004 hingga sekarang, perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia, serta HIKKAPI dari tahun 2020 hingga sekarang.

Dikutip dari Harian Haluan dalam artikelnya berjudul "Profil Pengusaha Muda Minang, Brian Putra Bastara" Brian Putra Bastara memiliki berbagai kesibukkan dengan aktivitasnya sebagai pengusaha. Namun demikian sosok yang pantang menyerah ini juga dipercaya menjadi BPD HIPMI Sumbar. BPD HIPMI Sumbar merupakan kepengurusan organisasi pengusaha muda yang berada di tingkat provinsi.

Organisasi independent ini juga membawahi Badan Pengurus Cabang (BPC) HIPMI seluruh kabupaten/kota di Sumbar. Brian menjabat sebagai BPD HIPMI Sumbar dari tahun 2021 hingga 2004 mendatang.

Ketika memutuskan maju sebagai Ketua BPD HIPMI Sumbar, Brian telah berkomitmen untuk mengeksplorasi, berinovasi dan berkolaborasi dengan para pengusaha muda lainnya. Lewat HIPMI, Brian ingin agar para pengusaha muda bisa berkolaborasi bersama mewujudkan hal-hal yang inovatif.(***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top