Tanah Datar-sumateraline.com (10/10-2021)

Berbagai upaya yang  dilakukan Pemerintah dalam menuju Tanah Datar Madani, termasuk salah satunya dibidang ke agamaan program wakaf 1001 Hafizd VI tahun 2021serta reward terbanyak hafalan. Hal itu dikatakan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE saat menyerahkan reward kepad peserta Hafizd di aula Indo Jolito Batusangkar Minggu (10/10).

Bupati Eka Putra sebut,
pengembangan Al-Qur'an dari tahun ke tahun meningkat, saat ini sudah ada 242 Rumah Tahfidz yang akan melahirkan Hafizd dan Hafidzah di Kabupaten Tanah Datar. Dengan meningkatnya jumlah Rumah Tahfizd tentu
sebanding dengan peningkatan hafalan Al-Qur'an.

"Saat ini sudah terdata di E Tahfizd di Tanah Datar
10 ribu lebih anak-anak, dari generasi muda atau tingkat usia lainya yang Hafizd dan Hafidzah, ini berdasarkan dari pelaksanaan Wisuda dan Waqaf 1000 Hafizd yang telah di adakan sebanyak 5 kali," ucap Bupati Eka.


Bupati tambahkan, program Waqaf 1001 Hafizd ini sejalan dengan visi dan misi Tanah Datar. Kita juga mempunyai program 1 Rumah 1 Hafizd atau Hafizah, ini sudah kita lounching beberapa waktu lalu untuk mencapai visi dan misi mewujudkan Tanah Datar Madani yang berlandaskan ABS SBK, tambah Bupat.


Kita juga mendorong dengan Produk unggul agar meningkatkan kesejahteraan guru TPA dan Hafizd. Apresiasi dan selamat kepada Hafizd dan Hafizah yang terbaik dalam hafannya, serta terimakasih bagi guru dan ACT donatur atas telaksananya kegiatan ini.

Sebelumnya pembina
Tahfizd Tanah Datar Afrizon menyampaikan, reward yang diberikan berupa tabungan sebesar Rp.1juta bagi masing-masing terbaik.

Terbaik kategori terkecil dan terbaik di tingkat Kecamatan ini terdiri dari satu Putra dan satu Putri ditambah kategori 3 juz keatas sehingga total ada 36 orang yang menerima reward, dananya bersumber dari Pemda dan donatur, Rp 500 ratus ribu perorang dan Rp 500 ribu dari Baznas Tanah Datar,
tentu dengan reward ini
diharapkan mampu untuk memicu semangat anak-anak menghafal Al-Qur'an.

"Tahun sebelumnya terbaik kita beri reward umbrah ke Tanah Suci, namun kerena Pandemi Covid-19 tidak bisa dilaksanakan sehingga dihilangkan diganti dengan reward seperti hari ini, semoga ke depan reward umbrah bisa kita laksanakan," ujarnya.

3 Rumah Tahfizd yang terbanyak mengutus santrinya untuk mengikuti Waqaf 1001 Hafizh tahun 2021 yakni, Rumah Tahfizd Sohibul Qur'an dari Kecamatan X Koto mengirimkan 29 orang, kemudian Rumah Tahfizh Daarul Qur'an dari Batipuh sebanyak 24 orang dan Rumah Tahfizh Alam Waduud Rambatan sebanyak 31 orang. Kecamatan terbanyak lulus dari kategori 3 juz ke atas adalah Lima Kaum sebanyak 34 orang dan Rambatan 28 orang, ucap Afrizon pembina Hafizh.

Nampak hadir saat itu Sekda Tanah Datar Drs. Iqbal Ramadi Payana, M. Si Ketua Pangadilan Batusangkar, Kajari Tanah Datar atau yang mewakili, Dandim 03/07 Tanah Datar diwakili Kapolres Tanah Datar diwakili, OPD, direktur  Bank Nagari dan Bank Syariah Indonesia (BSI) yang mewakili, BAZNAS Tanah Datar, Kepala Cabang Aksi Cepat Tanggap (ACT) Kota Bukittinggi.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top