Tanah Datar-sumateraline.com (08/10-2021)

Ikan makanan sehat dan tidak beresiko serta mudah dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sehingga produksi ikan mudah dipasarkan. Hal tersebut dikatakan Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE saat panen Ikan nila di Jorong Koto Gadis Nagari Lima Kaum, Kecamatan Lima Kaum Kabupaten Tanah Datar Jum'at (08/10).

Kepala dinas pangan dan perikanan Ir. Helmi, M. Si mengatakan, tujuan dari kegiatan pelaksanaan ini  dalam rangka memperkenalkan tehnologi baru kepada pembudaya ikan agar bisa meningkatkan produksi ikan.

Menerapkan cara budidaya ikan dengan baik, diantaranya kita memakai bibit unggul  memberikan makanan ikan yang bermutu dan menajemen pengunaan kualitas air. Sasarannya bagi peternak ikan yang ada di Kabupaten Tanah Datar, untuk tahun ini ada enam kelompok yang mendapat percontohan ini yang ada di beberapa Kecamatan, diantaranya Kecamatan Lima Kaum,  Rambatan, Pariangan, dan Kecamatan Batipuh Selatan.

Bantuan paket yang diberikan pemerintah, khusus percontohan ikan nila, benih ikan nila sebanyak 7000 ekor per kelompok, makan ikan satu ton 700 kilogram per kelompok, untuk budidaya ikan tangguk baskom dan ember, untuk paket ikan lele bantuannya berupa 10 ribu lima ratus ekor, per Pokdakan 1000 enam ratus 50 kilo gram, ember baskom dan tangguk.

"Kegiatan ini bersumber dari dana alokasi khusus bidang kelautan dan perikanan. Setelah pemeliharaan selama 4 bulan untuk ikan nila sudah kita sampel sebanyak satu kilo 4 ekor atau seberat 250gram perekor, jadi kalau ini dikembangkan sangat bagus hasilnya, untuk pemeliharaan ikan lele selama 2 setengah bulan sudah ada 6 ekor per kilo hasilnya," kata Ir. Hilmi.

Mayandra Ketua kelompok Pokdakan Barokiah sampaikan, ucapkan terimakasih kepada Bupati yang telah datang ke Pokdakan Barokiah, sejak adanya kelompok Pokdakan baru kali ini Bupati sempat datang, selama ini kami berdiri belum ada bupati yang hadir kesini.

"Kami merasa tersanjung dengan kehadiran bapak Bupati Eka Putra di Pokdakan ini, kami melihat Bupati yang baru dilantik beberapa bulan sudah banyak diperbuat, apa yang dikatakan waktu belum terpilih, entah menepati janji atau bagai mana, yang jelas ini buktinya,"kata Mayandra.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya katakan,
bahwa Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mempunyai perhatian yang besar dalam rangka menumbuhkan ekonomi masyarakat, salah satu yang menjadi perhatian pemerintah adalah bidang perikanan, potensi peternakan ikan dapat berpengaruh untuk meningkatkan angka tenaga kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi, ujar Bupati Eka.

"Sekarang ini petani budidaya sudah dapat menggunakan teknologi yang canggih yang mempermudah dan mempercepat produksi sehingga menjanjikan meningkatkan pertumbuhan. Karena ikan sangat dibutuhkan untuk tubuh dan kecerdasan, kita semua mengasumsi ikan apapun agamanya semua menghalalkan ikan," ucap Bupati.

Ikan merupakan makanan sehat dan tidak beresiko serta mudah  dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat sehingga produksi ikan mudah dipasarkan. Pokdakan Barokiah ini patut menjadi contoh peternak ikan lainnya di tanah Datar, karena sudah berhasil berproduksi dengan menggunakan sistem dan teknologi yang baru, jelas Bupati Eka Putra.

Nampak hadir Kadis Pangan dan Perikanan Ir. Hilmi, Kadis Koperindag, Forkopinca Kecamatan lima kaum, Camat Lima Kaum dan Camat Rambatan, Wali Nagari Lima Kaum Gusrial, Ketua Kelompok Pokdakan Mayandra dan undangan lainnya.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top