Payakumbuh, SUMATRALINE — Pelaksanaan Gerakan Sumbar Sadar Vaksin ditingkat Kota Payakumbuh hanya tinggal hitungan jam saja. Dihelat pada hari Sabtu tanggal 30 Oktober 2021 yang berpusat di GOR M. Yamin Kubu Gadang, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh komit untuk siap mendukung dan mensukseskan kegiatan tersebut. 

Dalam membuktikan dukungannya, Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh siap menghadirkan 1.000 orang peserta untuk divaksin yang berumur 12 tahun keatas yang berasal dari siswa SD dan SMP Negeri dan Swasta se Kota Payakumbuh, 

“Tenaga Pendidik dan Kependidikan serta Walimurid. 1000 calon peserta ini berarti sama dengan 25 % dari target Pemko Payakumbuh yakni 4.000 calon peserta.Sisanya dihadirkan oleh beberapa OPD lainnya,” ungkap Dasril saat ditemui media disela mempersiapkan lokasi vaksinasi covid-19 di GOR M. Yamin Kubu Gadang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh, DR. Dasril, S. Pd, M. Pd menegaskan bahwa Pelaksanaan Gebyar  “Sumbar Sadar Vaksin” yang akan dihelat serentak diseluruh kabupaten/kota se Sumatera Barat, khususnya di Kota Payakumbuh merupakan puncak dari Gebyar Vaksinasi Sapu Jagad yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Payakumbuh semenjak tanggal 11 Oktober 2021. 

Dasril mengungkapkan bahwa untuk kegiatan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin di GOR M. Yamin Kubu Gadang akan diikuti oleh 6 Tim Vaksinator yang mana 5 Tim khusus melayani peserta dari Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh dan 1 tim lagi untuk masyarakat umum disekitar Kecamatan Payakumbuh Timur. 

“Dan ada sbanyak 1.O00 peserta vaksin dari keluarga besar Dinas Pendidikan yang akan hadir pada kegiatan ini nantinya, dan juga akan didampingi oleh masing–masing kepala sekolah sesuai dengan hasil kesepakatan pelaksanaan rapat kepala sekolah se-Kota Payakumbuh,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh itu.

Dilanjutkannya, walaupun capain peserta vaksin dari kalangan pendidik dan tenaga kependidikan saat ini telah mencapai 93 persen, dan dari siswa SD dan SMP yang berusia 12 tahun keatas juga sudah divaksin sebanyak 70 persen, kita tetap berikan motivasi dan edukasi terhadap semua warga sekolah dibawah binaan Dinas Pendidikan agar mau ikut vaksinasi covid-19,” lanjut Dasril dengan semangat.

Orang nomor satu di ranah pendidikan di Kota Payakumbuh itu turut menghimbau kepada seluruh peserta yang akan ikut gebyar sumbar sadar vaksin besok agar sebelum mengikuti vaksinasi untuk menyegerakan sarapan pagi terlebih dahulu, serta istirahat yang cukup.

Diharapkan Dasril, untuk kegitan Sumbar Sadar Vaksin tersebut agar dapat diikuti oleh seluruh peserta yang telah terdaftar sebelumnya dan seluruh lapisan masyarakat, khususnya bagi seluruh warga di wilayah Kecamatan Payakumbuh Timur guna mencapai target vaksinasi sebesar 70 persen sehingga terbentuk Herd Immunity masyarakat di Kota Payakumbuh. 

Untuk mensukseskan kegiatan Gebyar Sumbar Sadar Vaksin ini, Pemerintah Kota Payakumbuh telah menyediakan hadiah berupa doorprize dan paket sembako yang bersumber dari sumbangan berbagai pihak se-Kota Payakumbuh yang peduli dengan kegiatan gebyar vaksin ini untuk  mendukung tercapainya Herd Immunity di Kota Payakumbuh. Doorprize utama berupa satu unit sepeda motor, mesin cuci, kipas angin, magic com dan juga masih banyak hadiah menarik lainnya, sedangkan paket sembako terdiri dari minyak, gula, dan yang lainnya.

“Dan dalam hal ini, Dinas Pendidikan beserta jajaran telah menyiapkan data calon peserta vaksin by name by address lengkap dengan NIK dan nomor HandPhone masing–masing peserta vaksin,” kata Dasril yang juga turut didampingi Sekretaris dinas Joni S.Sos dan Kabid PTK Drs. Danil Defo M.MSi. 

Untuk menghindari terjadinya kerumunan dan bertumpuknya kehadiran peserta vaksin , peserta vaksinasi kedatangannya diatur sedemikian rupa dalam bentuk shif 1, 2 dan 3. 

Shif pertama dimulai pukul 08.00 WIB, shif kedua pukul 09.00 WIB dan shif ketiga pukul 10.00 WIB. Masing–masing tim vaksinator akan dibantu oleh 2 orang tenaga pendamping dari Dinas Pendidikan dalam mengawal dan pengadministrasian peserta. Mereka telah dibekali tugas dan fungsi serta data peserta vaksin sesuai dengan urutan dan kelompok tim vaksinator.

Dari pantauan media di lokasi persiapan gebyar Sumbar Sadar Vaksin Kota Payakumbuh pada Jum’at sore, telah digelarnya gladi resik acara yang diikuti oleh unsur–unsur terkait serta juga telah dilakukan kesiapan sarana dan prasarana pendukung kegiatan. 

Kepala Dinas Pendidikan Dasril berharap Pembelajaran Tatap Muka bisa segera diizinkan seiring target vaksinasi warga sekolah 70 persen sudah bisa dicapai.

“Diharapkan dengan koordinasi yang baik dan persiapan yang matang ini, tentunya kita semua ingin kegiatan ini dapat berjalan dengan baik, sukses dan lancar,” tukasnya mengakhiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top