Payakumbuh, SUMATRALINE — Wakil Wali Kota Erwin Yunaz membuka secara resmi Festival Arung Jeram Batang Agam 2021 yang akan berlangsung selama dua hari, Sabtu 23 Oktober 2021 dan Minggu 24 Oktober 2021 di sepanjang sungai batang agam.

Kegiatan ini merupakan kerjasama Dinas Pariwisata Provinsi Sumatra Barat dengan Pemerintah Kota Payakumbuh. Festival yang digelar terbuka untuk umum ini akan dimeriahkan oleh 10 kelompok komunitas arung jeram dan perwakilan dari 6 OPD Kota Payakumbuh.

“Wabah pandemi Covid-19 yang masih mendera semuanya sampai saat ini, membuat salah satu dari unsur yang paling utama bagi seluruhnya yakni ekonomi berada di level terendahnya,” ungkap Erwin Yunaz saat membuka pegelaran iven itu.

Dengan telah mulai kembali menggeliatnya semua sektor meskipun masih di tengah pandemi Covid-19, Erwin Yunaz berharap akan kembali membawa ke masa sebelum wabah Covid-19 terjadi.

“Semoga dengan digelarnya iven arung jeram ini dapat menjadikannya salah satu program yang bisa membawa bangkitnya kembali pegelaran iven lain yang lebih besar lagi,” harapnya.

Menurut orang nomor dua di Kota Payakumbuh itu, pegelaran iven seperti ini akan dapat mengangkat kembali ekonomi di bidang pariwisata, di samping itu dengan digelarnya acara ini, akan menjadi sarana hiburan juga bagi keluarga oleh seluruh masyarakat di seputaran luak limopuluah.

Acara itu turut dihadiri Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Sumbar Nurkhalis Dt.Bijo Dirajo, dalam sambutannya mengatakan saat ini olah raga arung jeram menjadi pilihan yang tepat, karena olah raga ini bukan hanya sebagai sarana olah raga hobi saja.

“Iven ini digelar karena memang kita melihat saat ini peminatnya sudah mulai banyak, dan yang lebih penting lagi adalah olahraga ini juga dipertandingkan dalam iven di tingkat lokal, Nasional bahkan hingga tingkat Internasional,” tutur Dt.Bijo sapaan akrabnya.

Dt. Bijo berharap Pemko Payakumbuh melalui dinas terkait untuk dapat memperhatikan dan membina kegiatan arung jeram ini, karena sektor pariwisata akan bertambah bervariasi di Kota Payakumbuh.

"Payakumbuh tidak hanya lagi sekedar kota persinggahan bagi pelancong lokal maupun mancanegara, tapi merupakan kota tujuan," harapnya.

Tampak dalam pembukaan itu hadir Wakil Ketua DPRD Kota Payakumbuh Wulan Denura, Anggota DPRD Yernita, Kadishub Nofriwandi, Kadisparpora Desmon Corina, Kalaksa BPBD Erizon, Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, dan Kabid Rehab Rekon BPBD An Denitral. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top