Padang-Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Supardi ikut melaunching Universitas Negeri Padang (UNP) menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) saat Rapat Senat terbuka Dies Natalies UNP ke 67 di Auditorium UNP, Air Tawar Padang, Senin (25/10/2021).

Lauching langsung dan virtual dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Presiden 5 RI Megawati Soekarno Putri yang juga merupakan Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Riset RI, Nadiem Makarim.

Supardi katakan, Dies Natalies UNP ke 67 merupakan momentum perubahan UNP dari PTN BLU menuju PTN - BH. Dilatarbelakangi PTN BH, UNP mampu memberikan kemandirian dalam pengelolaan di berbagai bidang sarana dan prasarana serta ketenagakerjaan. 

"Semoga UNP bakal segera menjadi PTN BH dapat melahirkan inovasi melalui pengembangan iptek lebih luas dalam pengembangan lembaga," ujar Supardi.

Menurut Supardi, PTN BH merupakan otonomi perguruan tinggi diharapkan dapat merancang kurikulumnya sesuai kebutuhan masyarakat dan tuntutan perubahan.

"Semoga dapat meningkatkan kualitas lulusan berdaya saing global," ujar Supardi politisi partai Gerindra Sumbar ini disebut- sebut calon kuat Wali Kota Payakumbuh akan datang ini.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Irwan Syafril mengatakan, pembelajaran harus lebih terintegratif dan interdisipiliner, agar dapat melihat pembelajaran satu sudut pandang. Pembelajaran kritis dan inovasi pembelajaran, agar dapat menerima dunia masa akan datang. Pihaknya mengharapkan UNP jadi pelopor Transformasi pendidikan guru Indonesia. UNP bakal menjadi perguruan tinggi dunia bergerak maju dan lompatan. UNP telah melakukan hal tersebut

Mari kita lalui tantangan dengan inovasi dengan cara merdeka belajar untuk satu tujuan Indonesia Tangguh dan Indonesia Tumbuh," ujarnya.

Megawati Soekarno Putri menyampaikan, pihaknya mendorong tiga tungku sajarangan yakni Ninik Mamak, Alim Ulama dan Cadiek Pandai diberdayakan, karena dengan memiliki kerjasama tiga unsur, agar tercipta stabiliatas masyarakat kuat dan dinasmis.

"Semoga tercipta cita- cita masyarakat dalam pembangunan Nasional sehingga dapat tercipta tanpa meninggalkan akar budayanya," ujar Megawati Soekarno Putri. 

Jusuf Kalla menyampaikan, orang Minang menonjol dalam bidang pengetahuan dan perdagangan. UNP sejak awal dimaksudkan untuk meningkatkan SDM .

"Pendidikan baik akan meningkatkan SDM, Perdagangan yang baik akan meningkatkan kemakmuran," ujar Jusuf Kalla.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan, pemberdayaan pengembangan kurikulum pendidikan sesuai kebutuhan zaman, pengelolaan keuangan mandiri dan membuka menutup prodi baru apabila tidak mampu berjalan baik.

"Harus ada kesadaran kolektif dari semua kalangan akademis untuk  kampus merdeka. UNP barangkali sudah menerapkan aspek Alam Takambang Jadi Guru," ujar Bambang.

Lanjut Bambang, TBNH UNP harus mendorong pendidikan berkualitas bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia. 

"Semoga dapat meningkatkan inovasi untuk pendidikan berkualitas, " ujarnya.(uck/fokussumatera)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top