Payakumbuh, SUMATRALINE — Dimasa Pandemi wabah Covid-19 yang masih berlangsung saat ini, banyak sekolah yang terpaksa mengurangi jam belajar dan berpindah melalui pembelajaran Daring (online) bagi para siswa, akibat dari ini tentu banyak para siswa/siswi yang kehilangan kreativitas dan inspirasi dalam belajar. Dan untuk menanggulangi hal ini SMPN 2 Kota Payakumbuh buka Kelas Inspirasi bagi para siswa/siswi yang diinisiasi oleh para alumninya.

Acara yang berlangsung di lapangan SMPN 2 Kota Payakumbuh, Kamis (18/11) pihak sekolah mengundang narasumber dari Universitas Andalas, Prof. Ir. Yose Rizal, M. Sc, Ph. D yang merupakan seorang dosen yang memiliki fokus keilmuan pada nutrisi ternak.

Sosok Yose Rizal dihadirkan dalam kesempatan kelas inspirasi ini karna telah memiliki segudang  pengalaman dalam dunia pendidikan di tanah air.

Dengan mengusung tema “Lambungkan Cita Ke Langit Tinggi, Raih Prestasi Dari Kisah Alumni”, kelas inspirasi tersebut dihadiri kepala dinas pendidikan kota Payakumbuh DR. Dasril, kepala dinas kependudukan dan pencatatan sipil (Disdukcapil) Wal Asri yang juga merupakan ketua alumni lintas angkatan serta juga didampingi oleh para ikatan alumni SMPN 2 kota Payakumbuh.

Kelas Inspirasi yang diwadahi oleh SMPN 2 kota Payakumbuh itu sangat diapresiasi oleh Kepala Dinas Pendidikan Dasril. 

Orang nomor satu di dunia pendidikan kota Payakumbuh itu mengatakan jika kegiatan ini merupakan sebuah langkah yang inovatif dan musti dipertahankan serta dikembangkan lagi agar potensi-potensi para siswa/siswi dapat semakin tumbuh dimasa wabah pandemi covid-19 yang masih berlangsung saat ini.

Dan untuk narasumber yang dihadirkan kali ini, Dasril mengatakan jika alumni SMPN 2 Payakumbuh banyak yang berhasil dan telah sukses dibidang nya masing-masing, seperti salah satunya Prof. Yose Rizal ini yang sukses di bidang pendidikan.

“Dan ada lagi, bapak Yoserizal Zain mantan walikota Payakumbuh yang juga merupakan alumni SMPN 2 ini,” ungkap Dasril bahagia.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh
DR. Dasril, M. Pd


Dasril berharap dengan dilangsungkannya kelas inspirasi ini dapat membuat para siswa/siswi lebih terinspirasi dan termotivasi oleh para alumni yang sudah berhasil dalam berbagai bidang saat ini.

Tidak lupa, Dasril sampaikan Trimakasih kepada para alumni yang telah turut mau turun langsung memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa/siswi ditengah wabah pandemi saat ini.

Dalam kesempatan itu, Kepala SMPN 2 Kota Payakumbuh Desfiwati, S. Pd, M. Si mengatakan bahwa kegiatan kelas inspirasi ini merupakan program kerja sekolah untuk menumbuhkan kreatifitas dan inspirasi siswa dalam belajar. Kelas inspirasi juga dilakukan untuk memberikan semangat, kesiapan mental dan skill kemampuan siswa untuk siap diterjunkan di lingkungan masyarakat.

“Dengan menghadirkan narasumber yang juga merupakan jebolan dari sekolah yang kita cintai ini, tentu hendaknya dapat menginspirasi dan memotivasi bagi para seluruh siswa/siswi untuk lebih dapat menjadi yang terbaik lagi dari para alumni yang ada sekarang,” ucap Desfiwati.

Para siswa/siswi SMPN 2 kota Payakumbuh sedang mengikuti kelas inspirasi


Sementara itu, usai acara berlangsung Prof. Yose Rizal mengatakan sangat mengapresiasi dengan adanya acara kelas inspirasi, karena dengan adanya kegiatan ini siswa mempunyai bekal ilmu pengalaman bahwa untuk mendapatkan apa yang ia inginkan membutuhkan perjuangan yang tidak mudah.

Ia menambahkan bahwa apa yang terjadi menimpa dunia pendidikan saat ini bukanlah suatu halangan bagi para siswa/siswi untuk berkarya. Hal ini telah ia buktikan dengan memiliki sebuah jabatan pada awal covid-19 berlangsung yakni tahun 2019 sebagai reviewer/interviewer calon penerima beasiswa LPDP dalam dan luar negeri pada Kementrian Keuangan RI.

“Melalui kelas inspirasi ini, saya berpesan kepada siswa/siswi jangan pernah menyerah terhadap situasi dan kondisi yang terjadi, dan jadikanlah apa yang kita hadapi saat ini sebagai acuan yang membuat kita untuk dapat lebih meningkatkan lagi untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya sehingga kita dapat meraih kesuksesan seperti para alumni yang lebih dahulu meraih kesuksesan,” tandasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top