Limapuluh Kota, SUMATERALINE -- Dengan Bentang Wilayah yang cukup luas serta topografi dibeberapa daerah yang tergolong sulit, tidak membuat semangat dan keseriusan Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo luntur untuk menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity) bagi warganya terhadap Virus Covid 19.

Dengan mengerahkan segala sumber daya yang ada sampai ke Nagari-nagari bersama forkopimda, TNI/Polri, stakeholder terkait, serta merangkul niniak mamak dan tokoh masyarakat, pencapaian vaksinasi di Kabupaten Limapuluh Kota terus beranjak naik.

Total dari update vaksinasi covid 19 Kabupaten Limapuluh Kota untuk dosis pertama pertanggal 13 November 2021, mencapai 44,70 persen. 

"Yang kita lakukan sekarang ialah bagaimana dapat mencapai target sasaran vaksinasi covid 19. Ini harus berjalan secara terus menerus, sehingga pada akhir Desember tahun ini kita sudah 75 persen," ucap Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo saat membuka rapat koordinasi gebyar vaksin Covid 19 dihadapan para Wali Nagari se Kecamatan Harau dan Kecamatan Payakumbuh, pada Kamis, (18/11/2021).

Untuk mencapai target tersebut, minimal 4000 orang musti harus divaksin setiap harinya, baik di puskesmas, maupun di Nagari-nagari atau vasilitas umum yang telah tersedia untuk pelaksanaan vaksinasi masal yang sudah tersebar di seluruh Kabupaten Limapuluh Kota.

"Oleh karena itu, kita menghimbau masyarakat untuk meningkatkan kesadaran diri untuk melaksankan vaksinasi. Vaksin bukan untuk pemerintah, bukan juga untuk sekedar pelengkap administrasi. Yang paling penting vaksin adalah untuk menjaga kita tetap sehat serta meningkatkan daya tahan tubuh agar terhindar dari penularan Covid 19," ujar Bupati.

Kepada Wali Nagari, Bupati yang dikenal dekat dengan masyarakat itu menekankan agar segra mungkin melakukan pendataan bagi masyarakat yang telah divaksin maupun yang belum divaksin dengan memberdayakan para Kader-kader yang ada di Nagari maupun bantuan dari Babinsa dan Babinkantibmas.

"Wali Nagari harus mengetahui sumber data ini. Wali Nagari punya data yang jelas, karena secara otoritas jabatan, Wali Nagari ataupun Kepala Desa merupakan ketua satgas penanganan covid 19 di Nagari masing masing," ulas Bupati Safaruddin Dt. Bandaro Rajo.

Sementara itu Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Dedi Permana, MM mengatakan, bahwa pertemuan yang digelar bersama wali nagari ini merupakan pematangan rencana dalam mensukseskan gerbyar vaksin covid 19 yang akan dipusatkan di Halaman Kantor Bupati Limapuluh Kota, Sarilamak, pada tanggal 20 November 2021 mendatang. 

"Mari kita secara bersama-sama berpartisipasi dalam rangka mensuskan tercapainya Herd Immunity di tengah masyarakat," himbau Asisten I Bupati itu.

Selain Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo yang didampingi oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs. Dedi Permana, MM, hadir pada kesempatan itu, Kapolsek Harau, Camat Harau, Camat Payakumbuh, serta para Wali Nagari. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top