Tanah Datar-sumateraline.com (24/11-2021)

Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Ketua LP-PKK Ny. Lise Eka Putra resmikan Lumbung Pangan Masyarakat  (LPM) Tuan Khadi di Nagari Padang Ganting, Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar, agar tidak menjadi Gedung Kuno dan sarang Burung ataupun Laba-laba, pada Rabu (24/11).

Dikesempatan itu Bupati Eka Putra katakan,  saya ingin gudang lumbung pangan ini dimanfaatkan secara maksimal,  diharapkan Gapoktan ataupun masyarakat dapat memaksimalkan pemanfaatan gedung yang dibangun dengan dana yang cukup besar ini.

"Ditengah keterbatasan  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD), pembangunan fisik seperti gudang lumbung pangan dan sarana pendukungnya Gabungan Kelompok Pertanian (Gapoktan) Tuan Khadi Nagari Padang Ganting sangat dirasakan sekali manfaatnya” ujar Eka Putra.

Alhamdulillah, berkat Dana Alokasi Khusus/DAK dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Tanah Datar dari Kementerian Pertanian diperoleh anggaran Rp500 juta. Pergunakan sarana ini dengan adil dan kompak, jangan sampai ada perselisihan, kata Eka.

Kemudian di kesempatan itu Bupati Eka Putra juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI dan selamat atas terpilihnya Gapoktan Tuan Khadi.

Sementara itu Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Hilmi menyampaikan bahwa pembangunan LPM dan sarana pendukung sebesar Rp500 juta dilaksanakan secara swakelola oleh Gapoktan Tuan Khadi.

“Pembangunan fisik lumbung pangan ini berkapasitas 60 ton dengan sarana pendukung Rice Milling Unit dan lantai jemur,” katanya.

Selanjutnya, tokoh masyarakat Padang Ganting Darisman menyampaikan ucapan terima kasih atas pembangunan LPM ini karena memudahkan anggota mengolah gabah dan menstabilkan harga gabah itu sendiri.

Ditambahkan Darisman lagi, Gapoktan Tuan Khadi terdiri dari 7 kelompok tani yang ada di Kecamatan Padang Ganting dengan jumlah anggota 45 orang masyarakat petani.

Nampak hadir pada kegiatan ini kepala pusat Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian RI, Dinas Pangan Provinsi Sumbar, kepala OPD, Camat bersama Forkopimca Padang Ganting, Wali Nagari Padang Ganting, Wali Nagari atar pengurus dan anggota Gapoktan serta undangan lainnya.(**)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top