Tanah Datar-sumateraline.com (14/11-2021)

Selain memecahkan Rekor Muri Tari Piring, Even ini di meriahkan parade adat dan Kebudayaan dari 14 Kecamatan se-Kabupaten Tanah Datar. Hal ini dikatakan Eka Putra saat pembukaan Festival Pesona Minang Kabau di Istana Basa Pagaruyung Batusangkar Sabtu (13/11) kemaren.


Nampak parade adat dari Kecamatan Rambatan melangkah santai begitu angunnya melintasi hadirin yang hadir di Istano Basa, memberikan senyum sapa dan keramahan ciri khas masyarakat Minang, yang dipimpin  oleh Camat Rambatan Ikrar Pahlepi.


Dihadiri lansung oleh Direktur Event Daerah Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kementerian Pariwisata, Ekonomi Kreatif Reza Pahlevi, Asisten Administrasi Umum Setda Provinsi Sumatera Barat Andri Yulika, Wakil Bupati Richi Aprian, Ketua DPRD Tanah Datar H. Roni Mulyadi Dt Bungsu, Forkompimda Tanah Datar, Ketua TP PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua GOW Tanah Datar Ny. Patty Richi Aprian dan undangan lainnya. 


Pada sambutan Bupati Eka Putra katakan, Kabupaten Tanah Datar sebagai wilayah tertua dan sebagai tempat asal usul etnis minangkabau bertanggungjawab untuk menjaga dan melestarikan budaya lokal agar tidak putus tergerus zaman.


Kepada Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Bupati juga menyampaikan ucapan terimakasih, karena telah memilih dan menetapkan festival pesona minangkabau sebagai salah satu karisma event nusantara tahun 2021 ini, dan berharap bisa memberikan dampak positif bagi kepariwisataan khususnya kabupaten Tanah Datar. 


"Meskipun kita masih dihadapkan pada pandemi covid 19, kita harus selalu terus berkreasi, berinovasi melalui berbagai cara. Dan untuk memperkenalkan potensi wisata dan budaya yang kita miliki, salah satunya melalui ruang virtual," ujar Bupati. 


Dikesempatan yang sama Reza Pahlevi,

menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemda Tanah Datar yang telah bekerja keras untuk melaksanakan festival pesona minangkabau 2021 disaat masa pandemi dengan melakukan inovasi dan adaptasi. 


Gelaran festival dengan format hybrid dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat memang yang hadir dan menyaksikan secara offline terbatas, namun bukan berarti tidak bisa dinikmati secara luas. Karena dengan teknologi kita mampu menyiarkan secara live, bahkan apa yang kita lakukan hari ini ditonton oleh banyak orang," kata Reza. 


Tanah Dater memiliki banyak keragaman objek wisata mulai dari alam sampai dengan kebudayaannya, maka ini bakal menjadi salah satu destinasi yang paling dibanggakan di Sumatera Barat. Namun kita perlu kerja keras bersama, dan kolaborasi dari seluruh pihak, tambah Reza lagi.(007-n)


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top