Padang - Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto melaksanakan kunjungan perdana sekaligus bersilaturahmi di istana Gubernur, Senin (27/12/2021).

Kedatangan Danrem beserta rombongan disambut langsung oleh Gubernur Sumbar Mahyeldi di kediamannya.

Danrem 032/Wirabraja Brigjen TNI Purmanto mengatakan, kunjungan sekaligus silaturahmi ini dilakukan usai serah terima jabatan (sertijab) dengan Brigjen TNI Arief Gajah Mada pada 22 Desember 2021 yang lalu di Balai Prajurit Makodam I/BB, Medan. 

"Sebagai komandan Korem yang baru meminta arahan kepada Pak Gubernur untuk melaksanakan tugas pokok saya khususnya membantu pemerintah daerah bisa tepat sasaran," kata Purmanto.

Menurut Purmanto hal itu dilakukan merupakan kunci keberhasilan ketika melaksanakan tugas di lapangan guna mendukung visi, misi gubernur.

"Kita harus berkolaborasi dengan pemerintah daerah di Sumbar untuk mensinkronkan kehadiran kami dalam rangka membantu pemerintah daerah sehingga bisa selaras antara progam gubernur dengan Korem 032/ Wirabraja", ujarnya.

Ia mengatakan nantinya tidak hanya urusan teritorial yang akan menjadi fokusnya tetapi juga akan berkolaborasi dengan masyarakat Sumbar untuk mengembangkan sektor peternakan dan pertanian.

"Untuk membangun sinergitas antara Korem 032/Wirabraja dengan pemerintah daerah dan jajaran lainnya. Mudah-mudahan ke depan, sinergitas ini bisa terbangun dengan baik," ungkapnya.

Dia menyatakan, Korem 032/Wirabraja siap membantu pemerintah daerah di Sumbar dalam hal pembangunan demi kemajuan Sumatera Barat, bangsa dan negara.

Gubernur Sumbar Mahyeldi merespon baik apa yang harapkan dan di cita-cita kan oleh Korem 032/Wirabraja terhadap pembangunan di Sumbar. 

Ia menjelaskam Pemprov Sumbar akan melakukan Pembinaan Badan Usaha Milik Nagari (Bumnag) dan Bumdes di Sumbar terus dipacu. Tiga strategi yang dilakukan adalah dengan pemilihan pengelola yang tepat, pemilihan bidang usaha yang sesuai dengan potensi nagari, serta pengawasan yang baik.

Terutama dalam pemanfaatan pupuk dan pakan ternak, mereka nanti akan dilatih untuk membuat pakan ternak.

"Karena menurutnya semangat nasional itu ada di nagari, untuk memanfaatkan masyarakat desa dan nagari itu akan ada Dinas PMD yang akan mengawasi," katanya.

Tidak hanya itu banyak usahanya pun beragam, mulai dari pariwisata, perkebunan, pengelolaan bank sampah, simpan pinjam, perikanan, perdagangan hasil hutan dan penyediaan sarana produksi pertanian seperti pupuk dan racun hama.

"Semua keuntungan dari Bumnag dan Bumdes sepenuhnya menjadi pendapatan asli nagari dan desa," sebut gubernur saat berbincang-bincang dengan Danrem.

Oleh karena itu dengan hadir kolaborasi yang baik antara pemprov Sumbar bersama sama dengan korem dapat mempercepat dalam pembangunan daerah, baik sektor pertanian maupun dalam melaksanakan tugas pokok lainya yang programkan di Sumatera Barat.

Hadir dalam rombongan Korem 032/Wbr tersebut, Kasrem 032/Wbr Kol. Czi. Arif Hartoto, Kasiren korem 032/Wbr Kol. Asep Suganjar, Kasiops Kasrem 032/Wbr Kol. Inf. Bobie, Kasipers Kasrem Kol. Inf. Ade Eka Putra, Kasilog Kasrem 032/Wbr Kol. Kav. Ezi Zaini, Kasiter Kasrem 032/Wbr Kol. Kav. Huznizon, Komandan Kodim 032/Wbr Kol. Inf. Goffar Ngismangil dan Dantim Intelrem 032/Wbr Kapten Inf Simanjorang serta Kabid  Pengawasan Kesbangpol Prov. Sumbar. (penrem).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top