Tanah Datar-sumateraline.com (01/12-2021)

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. M.M hadiri Rapat Koordinasi pemilihan Wali Nagri serentak dan launching Pilwana Badunsanak 93 orang untuk 21 Nagari dalam 11 Kecamatan di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar Kabupaten Tanah Datar Sumbar pada Selasa (01/12)

Pesta demokrasi tingkat nagari akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021 mendatang, berbagai tahapan untuk menghelat pesta demokrasi Pemilihan Walinagari (Pilwanag) tersebut sudah dilakukan, yang akan diikuti 21 nagari dari 75 nagari di kabupaten Tanah Datar, untuk mewujudkan pemilihan yang aman, sukses dan lancar Bupati Tanah Datar Eka Putra bersama Forkopimda dan Panitia pelaksana melaksanakan rapat koordinasi dan launching pemilihan wali nagari serentak tahun 2021.



Bupati Tanah Datar Eka Putra sampaikan pelaksanakan pilwanag sudah beberapa kali tertunda karena situasi pandemi Covid-19 tahapan pemilihan wali nagari serentak yang telah di mulai pada tahun 2020, tahapan terhenti pada tahapan penetapan bakal calon wali nagari  sesuai dengan surat Menteri Dalam Negeri Nomor 141/2577 tanggal 24 Maret 2020 perihal saran penundaan pelaksanaan pemilihan kepala desa serentak dan pemilihan kepala desa antar waktu.

“Penundaan Pilwanag menyebabkan bertambah panjangnya masa tugas penjabat wali nagari, sehingga ada yang harus diganti penjabatnya akibat penjabat wali nagari lama telah memasuki masa pensiun atau mutasi jabatan di pemerintahan daerah, Alhamdulillah pada tanggal 16 Desember 2021 mendatang akan dilaksanakan Pilwanag,” kata Bupati.

Bupati juga sampaikan pemilihan wali nagari secara serentak terlaksana dengan sukses tanpa ada kendala yang berarti, pemilihan yang mengedepankan azas jujur, adil, rahasia dan demokratis, dan dilaksanakan dengan mematuhi prokes supaya tidak terjadi penyebaran covid-19, dimana wali nagari yang terpilih nanti merupakan wali nagari yang telah melewati proses dengan baik dan merupakan wali nagari pilihan masyarakat nagari. 

“Pemilihan  wali nagari yang akan kita laksanakan pada tahun ini merupakan salah satu agenda besar pemerintah daerah kabupaten Tanah Datar yang harus kita sukseskan secara bersama­ sama, mari kita laksanakan pilwanag secara badunsanak dan gunakan hak pilih untuk menentukan yang terbaik dari calon yang sudah di tetapkan,” ajak bupati  saat pemukulan gong didampingi Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Tanah Datar  AKBP Rokhmad Hari Purnomo, mewakili Forkopimda katakan, mari kita wujudkan pilwanag serentak 16 Desember 2021 mendatang dengan taat aturan,konsisten dan sportif .

"Mari sukseskan pilwanag nanti, khusus panitia jangan sampai ada yang memihak kepada salah satu calon dan jalankan prokes covid 19 dengan harapan jangan sampai terjadi penyebaran covid 19,” pesan Kapolres. 

Sebelumnya Ketua Pelaksana Pilwanag Kabupaten Tanah Datar Nofenril  sampaikan pemilihan walinagari serentak tahun 2021 akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2021 di ikuti 21 nagari 93 calon walinagari yang tersebar di 11 kecamata, 232 TPS, dengan wajib pilih 75.987 pemilih dengan rincian 37.197 laki-laki dan 38.231 perempuan.

Nofenril tambahkan, pada hari pelaksanan nanti sebanyak 21 nagari akan dilaksanakan libur bersama untuk menyukseskan pilwanag serentak badunsanak 2021, semoga aman dan lancar. 

Hadir pada kesempatn tersebut Forkopimda Tanah Datar dan Padang Panjang, Pimpinan OPD, Camat, Panitia pilwanag kecamatan dan puluhan calon walinagari.(007-n/P)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top