Tanah Datar-sumateraline.com (16/02-2022)

Panen lobak merupakan Program Baznas, modal berasal dari Baznas Tanah Datar, bekerja sama dengan Dinas Pertanian untuk penyuluhan pengolahan
lahan. Hal ini dikatakan ketua Baznas saat Penen Sayur Lobak di Jorong Sikabu Nagari Pandai Sikek Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar Selasa (15/02).

Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah menyampaikan, panen Sayur lobak bersama kelompok tani di Jorong Sikabu merupakan salah satu program Baznas RI, dana bantuan yang bersumber dari Baznas Tanah Datar, satu lahan baru di tanam bantuan dari Baznas Provinsi Sumatera Barat.

"Luas lahan lebih kurang
2 Hektar yang selama ini merupakan lahan tidur selama 4 tahun, hari ini merupakan penen perdana, sebelumnya disini juga sudah panen Sayur Sawi, bantuan ini untuk meningkatkan kesejahteraan mustahiq, setelah penen nanti tanam kembali dari hasil panen itu sendiri, semoga bermanfaat bagi penerima bantuan," kata Yasmansyah.

Dikesempatan itu Wakil ketua II Baznas Propinsi Dr. Ir Busral mengatakan,
hari ini kita datang untuk melihat bantuan dari  Baznas propinsi kepada kelompok tani sekaligus melihat langsung panen Sayur lobak perdana dari kelompok tani yang bantuan modalnya dari Baznas Tanah Datar.

"Untuk itu kami atas nama Baznas propinsi mengucapkan terimakasih kasih atas dipercayainya Baznas sebagai tempat menyalurkan zakat sehingga Baznas bisa menyalurkan kepada penerima manfaat," katanya.

Sementara itu Walinagari Singgalang Seri Mesra, S.HUM yang baru saja dilantik oleh Bupati di Gedung Nasional Suri Maharajodirajo baru perdana turun kepangan dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas yang sudah menyalurkan bantuan kepada kelompok tani di Jorong Sikabu Nagari Singgalang.

Sementara itu Bupati tanah datar yang diwakili kadis pertanian Yulfiardi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baznas propinsi dan Baznas kabupaten yang telah membantu perekonomian masyarakat dengan salah satunya program untuk pertanian.

Tanah Datar sekitar 64,46 % masyarakatnya merupakan petani dan sekitar 17.000 KK atau 13 % petani miskin dan dengan adanya bantuan dari Baznas dengan program yang telah diluncurkan, membantu pemerintah daerah dalam mengentaskan kemiskinan.

"Apalagi potensi di X koto adalah penghasil sayur, dari analisa dinas pertanian modal untuk petani sayur membutuhkan modal produksi lebih besar daripada petani padi, untuk itu atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada Baznas," tutup Yulfiardi.

Nampak hadir Bupati Tanah Datar yang diwakili Kadis Pertanian Yulfiardi, Wakil Ketua Baznas Provinsi, Ketua Baznas Tanah Datar Yasmansyah, Forkopinca X Koto, Wali Nagari Singgalang Seri Mesra, S.HUM, BPRN, Ninik mamak, tokoh masyarakat dan kelompok tani Nagari Singgalang.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top