Babinsa 02/Pangkalan saat memberikan arahan tentang pemahaman dasar dan nilai Pancasila terhadap siswa SMAN 1 Pangkalan

Pangkalan, SUMATRALINE — Demi untuk menanamkan rasa nasionalis dan nilai-nilai Pancasila terhadap setiap warga negara Indonesia, terutama untuk generasi penerus bangsa, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 02/Pangkalan gelar Komunikasi Sosial (Komsos) di SMAN 1 Pangkalan, Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Selasa (8/3).


Sekolah yang berada di jorong Pauh Anok itu disambangi oleh dua orang Babinsa Koramil 02/Pangkalan yakni Serka Triyono dan Serda Desrial dengan mengagendakan untuk menyampaikan makna dan isi dari setiap butir Pancasila agar setiap warga paham akan dasar dan nilai negara Indonesia.


Turut hadir dalam Komsos tersebut guru SMAN 1 Pangkalan, David dan Niar bersama 30 orang murid SMAN 1 Pangkalan.


Menurut Serka Triyono para pendiri bangsa Indonesia telah menyusun dasar negara yakni Pancasila. Tentu, setiap warga negara Indonesia harus mengamalkan betul semua sila yang ada di dalam Pancasila,” paparnya.


Nilai-nilai luhur dari Pancasila ini akan menjadi pondasi dalam diri setiap generasi penerus bangsa ini agar kelak ketika mereka dewasa akan memiliki karakter kebangsaan yang kuat sehingga dapat membawa arah bangsa Indonesia menuju kejayaan,” terang Triyono.


Lebih dalam lagi saat terpantau oleh awak media iapun memberikan pemahaman nilai-nilai Pancasila tidak berarti dimulai saat di bangku sekolah dasar. Namun, penanaman dapat dilakukan sejak anak berusia dini,” pungkas Triyono.


Sementara teman Babinsa Serka Triyono, Serda Desrial menambahkan bahwa Pancasila wajib dipahami oleh setiap warga negara, karena Pancasila merupakan Ideologi dan dasar negara Indonesia, dan Merupakan dasar hukum yang berlaku di Indonesia,” beber Desrial melanjutkan.


Selaku guru yang merupakan pendidik bagi generasi penerus, David mengucapkan terima kasih atas kehadiran Babinsa Koramil 02/Pangkalan yang membawa dan memberikan pendidikan dasar tentang pemahaman Pancasila, melalui kegiatan ini kita tanamkan wawasan kebangsaan dan pengamalan Pancasila, agar kelak ketika sudah dewasa anak memahami tentang Pancasila.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top