Tanah Datar-sumateraline.com (19/03-2022)

Mantan Wakil Presiden RI era H. Susilo Bambang Yudhoyono Dr. Drs. H. Jusuf Kalla bersama ibu Musfidah Jusuf Kalla dan rombongan kunjungi Sentra Tenun Nagari Tigo Jangko Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar  Pada Jum'at (18/03).

Dalam kunjungannya itu Jusuf Kalla bersama istri menyampaikan,  Pemerintah maupun Swasta gunakan Produk UMKM lokal daerah guna membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat, seperti pengerajin Tenun Songket yang dilatih di Sentra Tenun Lintau Buo. 

Jusuf Kalla, katakan instansi pemerintah maupun swasta harus mendukung UMKM seperti usaha tenunan dengan menjadi user atau pembeli,  sekaligus mempromosikan hasil produk dari UMKM tersebut.

" Disini sudah punya tenun, nah instansi pemerintah maupun swasta kan bisa membeli hasil tenun, kemudian dipakai jadi seragam dan saat pertemuan, itukan bisa menjadi promosi juga nanti," ujarnya. 

Lebih lanjut Jusuf Kalla katakan, Proyek ini adalah untuk mensejahterakan masyarakat baik yang membuat ataupun yang memakainya, kalau produk itu bagus kualitasnya orang pasti akan tertarik, maka dari itu tingkatkan mutu dari produk itu sendiri apa saja produk yang akan dibuat kualitas yang paling utama. 

"Intinya upaya ekonomi kesejahteraan masyarakat baik yang membuat maupun yang memasarkan, maka harus pakai target bila ingin menguntungkan kalau bisa dua kali lipat dari UMR tentu orang akan tertarik," lanjut Jusuf Kalla. 

Maka untuk dua kali itu perlu efisiensi dengan membeli harga bahannya secara berkelompok, 
Batik itu sudah berbeda tidak ada lagi aturan batik berasal dari model Jawa, kemudian daerah daerah bisa buat sendiri coraknya seperti di Kalimantan, Sulawesi , Papua,dan Sumatera. 

Kebhinekaan akan lebih baik, tidak berarti mesti pakai batik dari Jawa,  kebersamaan berbeda beda tapi satu. Kita bersyukur karena Bank sudah ada keinginan untuk bekerja sama dengan Sentra Tenun, membantu untuk mempromosikan hasil Tenun masyarakat disini.
Terima kasih mudah-mudahan ke depan dengan bekerja sama akan lebih baik, jelas Jusuf Kalla. 

Turut hadir Dr. Drs. H. Jusuf Kalla beserta ibu Hj. Musfidah Jusuf Kalla, Wakil Gubernur Sumatera Barat
Ir. Audy Jonaldy, SPt. MSc. MM. IPM, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Komisaris Bank BPD Sumbar Beni Warlis, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.MM, Kajari Tanah Datar Hardijono, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Wisyudha Utama, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan. (007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top