Tanah Datar-sumateraline.com (15/03-2023)

Jalan Usaha Tani yang menghubungkan Jorong Koto Nagari Singgalang dan Jorong balai Gadang Nagari Koto Laweh direncanakan akan di dikerjakan pada tahun 2023. Sekagus perbaiki Irigasi Banda Munggu yang mengaliri tiga Jorong yakni, Jorong Solok, Padang Gantiang, dan Jorong Koto Nagari Singgalang akan dimulai pekerjaannya pada tahun 2022 ini. 
Hal tersebut dikatakan Bupati Eka Putra, SE.MM.  saat meninjau lokasi jalan yang akan dibangun di Nagari Singgalang Kecamatan X Koto bersama Kepala Dinas PUPR Tanah Datar Ir.  Tambrin, Camat X Koto Adiawarman, Wali Nagari Singgalang Seri Mesra, serta tokoh masyarakat Nagari Singgalang Kabupaten Tanah Datar pada Selasa (15/03). 

Bupati Eka mengatakan beliau datang ke Nagari Singgalang bukan di agendakan melainkan datang untuk bersilarurahmi dengan masyarakat Nagari Singgalang, dan memenuhi janji janji dengan masyarakat. Karena waktu saya Kepanye dulu sebelum menjadi Bupati pernah berjanji dengan masyarakat disini, salah satunya Jalan Usaha Tani dan Irigasi ini.  

"Setelah di tinjau lokasinya memang jalan ini sudah layak di bangun tinggal pembebasan lahan dari dua Nagari yaitu, Nagari Singgalang dan Nagari Koto Laweh, lebar hanya 3 meter panjang sekitar 500 meter tanah hibah dari masyarakat, tidak bisa jalan besar karena ini lahan masyarakat. Sekaligus untuk perbaiki 
Irigasi Banda Munggu yang telah rusak oleh longsor bisa langsung diperbaiki kerena tidak ada pembebasan lahan akan dibuat pintu air, harapannya kita butuh dukungan dari masyarakat,"ujar Bupati Eka Putra, SE.MM.

Di saat yang sama Wali Nagari Singgalang Seri Mesra mengatakan, merasa kaget dengan kedatangan Bupati ke Nagari Singgalang, karena sebelumnya saya bertemu dengan Bupati saat rapat di Kator bupati beberapa hari yang lalu bupati tidak ada membicarakan akan berkunjung ke Nagari Singgalang ini, taunya mendadak saja. 

Walaupun kunjungan dadakan kami bersama Niniak mamak dan tokoh masyarakat merasa tersanjung atas kedatangan Bupati, dan kami ucapkan terimakasih kepada bapak Bupati, karena beliau sebelum menjadi Bupati sudah pernah kesini untuk Kepanye dan pernah berjanji dengan masyarakat disini, salah satunya Jalan Usaha Tani dan Irigasi ini, kata Wali Nagari Singgalang. 

"Untuk itu kita berharap kepada masyarakat mari bersama-sama kita menjaga dan merawat bantuan apa saja yang kita dapatkan, karena untuk mendapatkan bantuan ini tidak mudah daerah lain juga membutuhkan, 
Jalan bagus Irigasi bagus menjaganya yang kurang selama ini,"tambah Seri Mesra. 

Hal yang serupa salah seorang tokoh masyarakat Nagari Singgalang menyampaikan terimakasih kepada Bupati Tanah Datar atas kunjungan beliau ke Nagari Singgalang, sebelumnya Pak Jorong sudah memberitahu kepada kami bahwa Bupati akan berkunjung kesini. Untuk melihat Jalan Usaha Tani dan Irigasi ini insyaallah akan dikerjakan tahun 2023, Irigasi tahun ini sudah bisa dimulai, ujarnya. 

Turut hadir Kadis PUPR Tanah Datar Ir. Tambrin, Forkopinca, Camat X Koto Adiawarman, Wali Nagari Singgalang Seri Mesra, Ninik mamak, tokoh masyarakat dan Kepala Jorong.(007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top