Tanah Datar-sumateraline.com.com (18/03-2022). 

Bank Nagari Cabang Batusangkar memesan Batik hasil Sentra Tenun Lintau untuk pakaian seragam karyawan merupakan bentuk kepedulian Bank Nagari terhadap Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kabupaten Tanah Datar. 

Hal tersebut dikatakan Komisaris Utama Bank Pembangunan Daerah BPD Sumbar Beni Warlis saat kunjungan Dr. Drs.  H. Jusuf Kalla bersama ibu Hj. Musfidah Jusuf Kalla di Sentra Tenun Lintau Buo Kecamatan Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar Jum'at (18/03).

Komisaris Utama Bank Pembangunan Daerah Provinsi Sumatera Barat Beni Warlis, mengatakan
di Bank Nagari ada namanya program untuk  membina para pelaku usaha UMKM seperti yang kita lihat di Sentra Tenun Lintau Buo  ini. 

Songket Batik asli buatan masyarakat Tanah Datar. Bank Nagari memanfaatkan hasil dari Tenun ini untuk pakaian seragam Karyawan setiap hari Kamis, sekaligus untuk mempromosikan Batik ini ke Daerah luar. 

"Bank Nagari bukan  sekedar tempat untuk meminpinjam uang akan tetapi juga pemodalan usaha, juga sebagai user pelayanan Internet yang kita bina, kalau bisa produk yang dibuat disini uangnya masuk kesini, makanya Bank Nagari Batusangkar melirik produk ini," ujar Beni Warlis. 

Sementara itu Dr. Drs H. Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden era H. Susilo Bambang Yudhoyono Presiden ke 4 Indonesia,  menyampaikan
Proyek ini adalah untuk mensejahterakan masyarakat baik yang membuat ataupun yang memakainya, kalau produk itu bagus kualitasnya orang pasti akan tertarik, maka dari itu tingkatkan mutu dari produk itu sendiri apa saja produk yang akan dibuat kualitas yang paling utama. 

Intinya upaya ekonomi kesejahteraan masyarakat baik yang membuat maupun yang memasarkan, maka harus pakai target bila ingin menguntungkan kalau bisa dua kali lipat dari UMR tentu orang akan tertarik. 

Maka untuk dua kali itu perlu efisiensi dengan membeli harga bahannya secara berkelompok 
Batik itu sudah berbeda, tidak ada lagi aturan batik berasal dari model Jawa, kemudian daerah daerah bisa buat sendiri coraknya seperti di Kalimantan, Sulawesi , Papua,dan Sumatera. 

"Kebhinekaan akan lebih baik, tidak berarti mesti pakai batik dari Jawa, tapi biarlah menjadi kebersamaan berbeda beda tapi satu. Sekarang 
kita patut bersyukur karena Bank sudah ada keinginan untuk bekerja sama membantu mempromosikan hasil Tenun masyarakat disini. 
Terima kasih mudah-mudahan ke depan dengan bekerja sama akan lebih baik," sampai Jusuf Kalla. 

Turut hadir Dr. Drs. H. Jusuf Kalla beserta ibu Hj. Musfidah Jusuf Kalla, Wakil Gubernur Sumatera Barat
Ir. Audy Jonaldy, SPt. MSc. MM. IPM, Kapolda Sumbar Irjen Pol Teddy Minahasa Putra, Komisaris Bank BPD Sumbar Beni Warlis, Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE.MM, Kajari Tanah Datar Hardijono, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol Inf. Wisyudha Utama, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, Kepala Cabang Bank Nagari Batusangkar Fauzan. (007-n)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top