Padang-Innalillahi wa innaillahi rajiuun. Setiap kehidupan ada akhirnya. Akhir dari sebuah kehidupan adalah kematian. Kullunafsin dzaikatul maut. Setiap yang bernyawa atau yang hidup pasti akan menempuh kematian. Dan itu berlaku untuk semua makhluk.

Demikian disampaikan Ketua Majelis Pertimbangan Adat KAN Pauh IX, Irwan Basir Dt  Rajo Alam, SH MM saat melepas jenazah almarhumah Murniati suku Chaniago yang meninggal dalam usia 67 tahun, Selasa, 31/5/2022 di rumah duka jalan Durian Tarung Kelurahan Pasar Ambacang Kecamatan Kuranji Kota Padang.

Lebih lanjut tokoh masyarakat Kuranji ini mengatakan, kematian adalah sebuah pelajaran bagi kita. Dan ada hikmah  dibalik musibah kematian ini kalau kita tidak akan selamanya menempati dunia fana ini.

" Di depan kita sekarang terbaring jenazah orang tua kita, kakak kita dan saudara kita yang telah dipanggil oleh Allah Swt. Mungkin besoknya, atau suatu nanti kita yang akan terbaring didepan para pelayat dan para kerabat. Ini lah hikmah dan pelajaran dibalik musibah kematian ini yang mana kita akan menjalani hal yang serupa," ungkap tokoh masyarakat kuranji ini.

Selain itu juga dikatakan, sebagaimana diketahui setiap orang mukmin itu bersaudara. Innamal mukminunna ikhwa. Jadi kalau ada kerabat atau tetangga kita ditimpa musibah, kita juga sabak sebagai tanda ikut merasakan duka itu. Kehadiran kita semua di rumah duka ini membuktikan persaudaraan sebagai sesama mukmin dan itu bernilai ibadah di sisi Allah Swt.

" Tandanya kita bersaudara tentu kita saling memaafkan. Almarhumah semasa hidupnya telah lama bergaul dengan kita semua. Yang namanya manusia tidak luput dari kesalahan dan kekhilafan. Untuk itu, agar lapang jalan beliau dalam menghadap sang Pencipta mari kita maafkan segala kesalahan beliau dan kita doakan semoga Allah Swt. mengampuni dosa-dosa beliau dan menerima amal ibadah yang beliau laksanakan," ucap Irwan Basir yang juga ketua DPD LPM Kota Padang ini.

Penghulu suku Jambak nan Batujuah ini juga mengingatkan kepada keluarga dan anak-anak almarhumah untuk senantiasa mendoakan almarhumah karena doa seorang anak akan cepat dikabulkan oleh Allah Swt .

Hadir melayat ke rumah duka, Ketua KAN Pauh IX yang juga penghulu suku Chaniago Suardi Dt  Rajo Bujang berserta ninik mamak bajinih suku Chaniago dan ninik mamak beserta masyarakat lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top