Tanah Datar-sumateraline. Com (25/06-2022) 

Event ini merupakan salah satu program unggulan pemerintah Daerah Tanah Datar yakni program Satu Nagari Satu Event yang telah di launching oleh Bupati beberapa waktu yang lalu. Event ini kami beri tema "Pesona Nahari Tuo Pariangan" Pada event ini akan ditampilkan kesenian, budaya adat yang merupakan kearifan lokal Nagari Tuo Pariangan. 

Hal ini dikatakan Wali Nagari Pariangan Edison, saat pembukaan Festival Pesona Nagari Pariangan Kecamatan Pariangan Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat pada Sabtu (25/06) 

Edison, menyampaikan bahwa event ini akan mampu menjadi salah satu daya tarik wisatawan berkunjung ke Nagari Tuo Pariangan yang merupakan Desa terindah. 
"Saya berharap, dengan adanya kegiatan ini akan berdampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat, seluruh masyarakat nagari Pariangan baik yang di kampung dan di rantau, mari kita tingkatkan peranserta untuk nagari kita tercinta ini," Katanya. 

Sebelumnya Bupati Eka Putra membuka secara resmi Festival Pesona Pariangan, dimeriahkan  berbagai kesenian tradisional permainan anak nagari seperti silat, randai dan berbagai kesenian dan di suguhkan bermacam-macam Kuliner Khas Nagari Pariangan. 

Di kesempatannya Eka Putra menyampaikan, tadi saya baru datang di suguhkan bermacam-macam kesenian tradisional dari masing-masing jorong. Inilah yang sebenarnya ingin kita gali membangkitkan dan berdayakan kembali. Tentunya melalui event ini kebudayaan yang ada disetiap jorong atau nagari yang selama ini terpendam bisa bangkit kembali, muncul ke permukaan bahkan dipromosikan melalui event-event seperti ini," kata Eka Putra. 

Pemerintah Daerah menurut Bupati, bersama dinas terkait siap mempromosikan destinasi wisata disetiap nagari yang ada di kabupaten Tanah Datar. "Untuk itu kami minta kepada seluruh masyarakat agar menyadari bahwa negeri kita tercinta ini merupakan adalah negeri yang indah dan kaya akan budaya, bahkan banyak dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Mari kita siapkan diri kita sebagai pelayan yang senantiasa siap melayani siapapun yang berkunjung kesini," ajak Eka Putra. 

Bupati juga meminta pada pergelaran event ini para pedagang menampilkan daftar harga dagangannya. Ini dimaksudkan agar calon pembeli tahu dan tidak ragu-ragu serta berpikir panjang untuk berbelanja. 

"Kita tidak mengetahui kondisi keuangan tamu kita, jadi kalau sudah ada daftar harga mereka bisa sesuaikan dengan isi kantongnya. Makanya Saya himbau kepada seluruh masyarakat Tanah Datar, penggiat UMKM, pemilik warung dan yang lainnya agar menuliskan daftar harga. 
Kalau ini sudah berlaku dan berjalan dengan baik, dengan ramahnya kita menyambut tamu-tamu yang datang, Insya Allah wisatawan baik lokal maupun luar negeri akan banyak berkunjung ke Tanah Datar terkhusus ke nagari tuo Pariangan ini," tambah Bupati. 

Tampak hadir pada acara tersebut Pimpinan DPRD Tanah Datar Saidani beserta anggota DPRD Tanah Datar lainnya, Wakil Rektor UIN Mahmud Yunus Batusangkar, Asisten, Kepala OPD, Direktur PDAM Tirta Alami, Camat se Tanah Datar,  Wali Nagari se kecamatan Pariangan, angku-angku, niniak mamak, Bundo Kanduang, Alim Ulama, cadiak pandai, tokoh masyarakat dan undangan lainnya. (*/007-n) 


0 komentar:

Posting Komentar

 
Top