Padang-Hujan deras yang mengguyur Kota Padang dan sekitarnya Sabtu(11/06) kemarin berlangsung sejak siang hingga malam hari. Hal tersebut menyebabkan genangan di beberapa titik. Tercatat salah satu kejadian banjir terjadi di anak Sungai Batang Maransi aliran Sungai Batang Kuranji.

Sementara itu, beberapa sungai yang dilaporkan meluap diantaranya Sungai Batang Air Dingin, Batang Arau dan Banjir Kanal, Batang Maransi, Batang Belimbing, Sungai Bangek, Batang Anai, dan Batang Ulakan Tapakis. Rata rata mengalami kenaikan tinggi muka air dari 30cm – 3m. Menindaklanjuti hal tersebut BWS Sumatera V Padang melakukaan koordinasi dengan instansi terkait, kunjungan lapangan ke lokasi terdampak, serta  melakukan pendataan infrastruktur SDA yang terdampak banjir.

Minggu (12/06) Kepala BWS Sumatera V Padang turun langsung mengunjungi lokasi longsor di sekitar Checkdam I Limau Manis pasca hujan ekstreme kemarin. Dalam kunjungannya, Kepala BWS Sumatera V Padang didampingi oleh Kepala Seksi OP SDA, Kepala Satker OP SDA, Kepala SNVT PJSA WS IAKR beserta tim untuk meninjau keadaan di lokasi longsor.

Tinjauan ke lokasi longsor juga dilakukan untuk mengecek dan mendata kerusakan prasarana SDA yang ada. Tercatat Checkdam I, II, dan III Limau Manis dalam kondisi aman. Namun jalan akses tertutup sepanjang 50m akibat longsor yang terjadi. Selain itu Pipa PLTMH dan Pipa Air Baku Universitas Andalas cukup terganggu akibat adanya longsor.

Kepala BWS Sumatera V Padang sebelumnya telah berkoordinasi dengan Rektor Universitas Andalas terkait kejadian longsor yang terjadi. Kepala Balai Dr. Dian Kamila, ST, MT kemudian menghimbau masyarakat untuk sementara waktu tidak melalui jalur lokasi longsor tersebut karena bahaya longsor susulan sewaktu waktu dapat mengintai. Kedepannya diharapkan segera dilaksanakan tindak lanjut atas tinjauan lapangan yang telah dilakukan agar prasarana SDA yang ada dapat berfungsi dan tetap dalam kondisi baik. (***)

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top