Tanah Datar-sumateraline. Com (22/06-2022) 

Di segi Pertanian Hortikultura
yang cocok ditanam di Nagari Atar ini adalah, Jeruk Purut dan Jeruk Nipis, dari data yang kami punya baru 3 hetar padahal potensi ada 50 hetar, kita sedang mengembangkan hilirisasi untuk pembutan minyak Asirih, melaui penyuluh agar Menelisir tempat-tempat yang cocok untuk pengembangan Jeruk Purut. 

Hal itu dikatakan Plt. Kadis Pertanian Tanah Datar Sri Mulyani, SP. M.Si didepan Bupati Eka Putra, SE. MM saat silaturahmi dengan DPD Perhimpunan Penyuluhan Pertanian Indonesia di Nagari Atar Kecamatan Padang Ganting Kabupaten Tanah Datar Rabu (22/06). 

Sri Mulyani, mengatakan Penyuluh Pertanian saat ini di Kabupaten Tanah Datar berjumlah 74 orang, yang terdiri dari 34 orang PNS, 39 orang P3K atau PPPK, masih ada satu orang THL lagi untuk yang satu orang ini mudah-mudahan tahun ini lulus, sehingga dapat menyusul yang lain. 

Sebetulnya untuk kebutuhan penyuluhan kita di Tanah Datar yakitu 96 orang dengan hitungan jumlah Nagari 75, tapi khusus untuk Tanjung Bonai karena luas dibutuhkan 3 orang  
untuk Balimbing 2 orang, untuk Nagari Idialnya kita butuh 78, untuk koordinator kita perlu 14 orang, penyuluh Kabupaten 4 orang totalnya Idialnya 96 orang. Mudah-mudahan tahun 2023 kita dapat tambahan penyuluhan Pertanian. 

Selain itu kita juga minta tambahan para Medis karena jumlah para Medis sedikit, apa lagi dengan merebaknya Penyakit ternak Mulut dan Kuku (PMK) hinga saat ini jumlah PMK di Tanah Datar 738, tetapi di Padang Ganting tidak ada wabah ini. Dua Kecamatan yang tidak ada PMK yakitu Padang Garing dan Batipuh Selatan. 

Kami harap sesuai Edaran Bupati Tanah Datar Penyuluh teruskan pemantauan dan melaporkan kepada Dinas agar tindaklanjuti dengan cepat, apa bila tidak tersedia Obat- obat di lokasi agar proaktif karen kami bersama Kabid Nakeswan selalu memberikan keterangan petunjuk kepada Peternak alhamdulillah mereka mau meikuti asal ternaknya sembuh. 

"Kita melakukan kegiatan ini di Atar, karena kami ingin melihat potensi yang ada termasuk Agro Wisata yang ada disini, bukan wilayah lain saja. Kalau dilihat di segi pertaniannya yong cocok disini untuk ditanam adalah Jeruk Purut dan Jeruk Nipis, kami lihat 
dari data yang kami punya baru 3 hektar padahal potensi ada 50 hektar, karena kita sedang mengembangkan hilirisasi untuk pembutan minyak Asirih, melaui penyuluh agar Menelisir tempat-tempat yang cocok untuk pengembangan Jeruk Purut untuk dikembangkan kembali," Ucap Plt Kadis Pertanian Sri Milyani.

Pada sambutannya Bupati Eka Putra, menyampaikan rasa syukur karena bisa bertatapan lansung dengan pejuang petani terutama masyarakat disini.  Sesuai apa yang disampaikan Ketua Perhiptani sebelumnya, Perhiptani ini mempunyai peran penting dalam Pertanian, mendukung Program Pemerintah didaerah dalam mengembangkan sistem penyuluhan pertanian yang efektif, efisiensi dan produktif. 

Dari laporan di lapangan yang saya terima para Penyuluh ini
Perlu ada Peningkatan bukan karena malas akan tetapi ilmunya. Zaman sekarang sudah zamannya tehnologi perlu Diakgret. Sebelum ada permintaan untuk menambahah saya sudah mengusulkan kepusat ke P3K para penyuluh ini. Tadi saya mendandatangani surat lagi kepala SDM lansung berangkat ke Jakarta, 96 itu kurang, memang yang bayar gaji kita tapi masalah yang menentukan Pusat. 

Zaman dulu belum ada HP, sekarang sudah ada internet  kita tentu perlu mengetahui ilmunya. Dengan memahami ilmunya sehingga kita mudah menjelaskan kepada masyarakat. Contoh Program Bajak gratis kadang penyuluh susah menjawab akhirnya dibilang tidak tau, atau mungkin sudah pernah sebelumnya Kabid memberitahu tapi itu butuh proses. Jangankan Mereka, Eselon dua saja kalau ditanya bingung, caranya bagai mana, aplikasinya apa.

"Jadi kedepan kalau ada pelatihan, pelatihan itu ya di program unggulan jangan lari dari real, ajukan anggaran kalau tidak ada anggaran. Cepat dibantu menejer-menejer tadi, diapun baru tidak paham juga, Camat juga tidak paham, sama-sama belajar. Jadi Kadis Pertanian perlu mengundang semuanya jelaskan secara ditel kepada penyuluh, Camat dan Wali Nagari, coba tanya kepada Wali Nagari dengan jujur tentang Bajak Gratis apa jawabnya pasti tidak tau," jelas Eka Putra. 

Sebelumnya Ketua DPD Perhiptani Tanah Datar Hari Yonata, menyampaikan 
penyuluh pertanian mempunyai peran penting khususnya dalam pertanian. Perhiptani mendukung Program- program Pemerintah yang ada didaerah terutama sekali di Kabupaten Tanah Datar ada empat Progul Bupati di Pertanian. Yakitu Bajak Gratis, perbaikan Irigasi, Asuransi Ternak dan Padi, Pupuk bersubsidi. "Kami bertekat Perhiptani Kabupaten Tanah Datar akan mendukung penuh Program Pemerintah baik itu di Pertanian maupun di bidang lainnya," kata Ketua Perhiptani. 

Hadir saat tersebut Bupati Tanah Datar Eka Putra, Plt Kadis Pertanian Sri Mulyani, Camat Padandang Ganting Ronal, Wali Nagari Padang Ganting, Wali Nagari Atar, Ketua  iwatar se-Nusantara H. Yosparman, para penyuluh Pertanian se-Kabupten Tanah Datar dan undangan lainnya. (007-n) 

0 komentar:

Posting Komentar

 
Top